04 Feb 2021, 17:18Kandungan

Apakah haid yang maju lebih awal bisa menyebabkan hamil ?

NI
Info Penanya: NI0
permisi dok,,mau nanya haid terakhir tgl 4 januari stelah selesai haid,,saya berhubungan intim sekitar tanggal 30 Januari dan skrang tgl 4 saya haid lebih awal dri bulan kemarin-kemarin nya apakah itu bisa menyebabkan hamil?
733 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, N.Berhubungan seksual dapat menyebabkan kehamilan jika kedua faktor baik laki-laki dan perempuan dalam kedaan sehat terutama dalam organ reproduksi, dimana pembuhaan membutuh sperma yang baik, jumlah sperma yang cukup dan dapat bertahan dalam kondisi keasaman vagina, gerak yang stabil, bentuk yang normal agar dapat mencapai sel telur dengan baik.

Apakah kehamilan dipengaruhi masa subur dan sel telur ?

Begitu pula kondisi sel telur. Jika saat berhubungan seksual sel telur sedang tidak dihasilkan oleh ovarium, wanita tidak dalam masa subur, sel telur berukuran tidak normal, maka pembuahan juga tidak akan berhasil, sehingga kehamilan baik yang diinginkan maupun tidak diinginkan gagal terjadi.

Apakah haid yang maju lebih awal bisa menyebabkan hamil ?

Haid tidak selamanya tepat sesuai prediksi tanggal seharusnya, bisa datang maju lebih awal, maupun bisa mundur dari jadwal seharusnya hingga berbulan-bulan. Haid yang maju lebih awal bisa disebabkan oleh gangguan siklus haid, hormon esterogen dan progesteron sedang dalam keadaan tidak seimbang, dipengaruhi oleh stress, penggunaan kontrasepsi, kondisi tubuh ibu dalam keadaan lelah, atau penyakit tertentu seperti hormon tiroid yang rendah, maupun kondisi polikistik ovarium sindrom.Anda yang haid lebih awal dari siklus menstruasi seharusya, setelah berhubungan seksual, menandakan bahwa pembuahan tidak terbentuk sehingga kehamilan tidak terjadi, karena sel telur ikut terbuang melalui proses menstruasi.Jika Anda ingin segera hamil, terutama Anda dan pasangan telah menantikan buah hati dalam jangka waktu yang tidak sebentar, Anda dapat konsultasi secara langsung ke dokter spesialis kandungan, atau dokter khusus infertilitas, agar kondisi kesehatan Anda dan pasangan diperiksa secara detail. Selain itu Anda dan pasangan harus menerapkan pola hidup, serta pikiran, dan kehidupan rumah tangga yang sehat. Olahraga teratur, mengelola stress dengan baik, menjahui semua alkohol dan rokok.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan kandunganmeningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil