Haid datang lebih awal apakah penyebabnya?

N Info Penanya: N, Wanita, 34 Tahun
Saya wanita usia 35 tahun,saya haid harusnya datang tanggal 8 juli.tetapi tanggal 5 Juli saya sudah dapat menstruasi ,haidnya hanya 1 hari aprti biasa tapi darahnya tidak terll banyak sedang saja.kemudian berhenti esoknya datang kembali haid tanggal 9 Juli,tetapi darahnya hanya darah warna lebih ke muda warnanya.dok,apakah Hadi saya normal.dan apakah saya masih bisa hamil,karena saya merasa agak ssh tuk hamil.selamar malam,teri.a kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Siklus menstruasi setiap wanita memang berbeda-beda. Pada umumnya siklus menstruasi wanita datang setiap bulannya dengan durasi 21-35 hari. Selama 3-7 hari. Namun kondisi ini tentunya berbeda beda tiap individu.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terganggunya menstruasi :

  • Gangguan hormonal
  • Gangguan tiroid
  • Stress atau kelelahan
  • Diet atau berat badan yang berlebihan
  • Penyakit tertentu seperti PCOS dan endometriosis
  • dll

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, bisa saja terlambat haid yang Anda rasakan bisa karena salah satu diatas. Berkaitan dengan pertanyaan Anda yang bisa hamil atau tidak. Di usia Anda, Anda masih bisa hamil, namun karena usia Anda sudah cukup tinggi, memerlukan persiapan yang lebih ekstra agar kehamilan diatas 35 tahun tidak menimbulkan komplikasi seperti diabetes gestasional, preeklamsia, kelahiran prematur, kelainan kromosom, keguguran, dll untuk ibu dan bayinya. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.

Selalu jaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah. Cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter/ hari, olahraga teratur minimal 3-4 kali / minggu.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

gejala kram perut saat hamil muda yang terasa parah adalah salah satu tanda keguguran

Kram Perut saat Hamil Muda: Penyebab, Ciri-ciri yang Normal, dan Tips Mengatasinya

Kram perut umum dialami oleh calon ibu saat masih hamil muda. Namun meski cukup normal, kram perut bawah saat hamil muda bisa jadi tanda keguguran.