Haid datang lebih awal, apakah mungkin hamil?

SU Info Penanya: SU, Pria, 18 Tahun
permisi dok, sebelum nya saya sudah berhubungan intim sekitar tanggal 30 juni.. nah biasa saya haid tanggal 12. sekarang tanggal 5 saya sudah haid lebih awal dari bulan bulan kemarin.. apakah itu bisa menyebabkan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Haid atau menstruasi adalah hal yang dialami oleh wanita secara teratur mulai dari usia remaja sampai usia lanjut. Pada wanita sehat, haid akan berlangsung selama 3-8 hari, bervariasi pada tiap-tiap orang. Lalu, jarak rata-rata haid adalah 28 hari, tetapi rentang 21-35 hari juga masih dapat dikatakan normal.

Terkait pertanyaan Anda, haid Anda yang lebih awal (dari tanggal 12 ke tanggal 5) bisa disebabkan oleh perubahan hormon, ya. Beberapa hal yang dapat memicu perubahan hormon adalah penggunaan kontrasepsi, pola hidup yang tidak sehat (banyak konsumsi junk food dan pemanis buatan), stres, maupun kelelahan fisik.

Nah, apabila Anda berhubungan intim tanggal 30 Juni, kemudian sudah haid tanggal 5 Juli, maka hubungan yang dilakukan kemarin tidak menyebabkan kehamilan. Kecuali, apabila Anda melakukan hubungan lagi setelah haid yang sekarang selesai, tentu saja kemungkinan hamil muncul kembali.

Jika Anda menanyakan hal ini karena belum ingin hamil, maka sangat disarankan agar Anda menggunakan kontrasepsi seperti pil atau kondom. Sedangkan apabila Anda bertanya karena ingin melakukan program hamil, Anda dapat membaca cara menghitung masa subur di tautan ini. Lalu, lakukan hubungan pada masa subur agar memperoleh momongan.

Untuk informasi lebih lanjut, jangan sungkan untuk datang langsung ke fasilitas kesehatan dan lakukan konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut kain memiliki keunggulan dibandingkan pembalut sekali pakai

Pembalut Kain, Alternatif Sehat Kala Datang Bulan

Pembalut kain memiliki keunggulan maupun kelemahan dibanding pembalut sekali pakai. Keunggulan tersebut berupa lebih sehat, ramah lingkungan, dan tahan lebih lama.