03 May 2021, 20:10Kandungan

Haid datang lebih cepat, apakah penyebabnya?

AN*
Info Penanya: AN*0
malam dok, saya mau bertanya saya umur 16 thn, bulan kmaren saya keluar mens tengah bulan tgl 19 san, bulan sekarang keluar mens nya awal bulan tgl 3. Jadwal mens emang maju? Apakah normal? Semoga di jawab, makasih.
179 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, TTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara idealnya siklus menstruasi pada wanita adalah 21 - 35 hari yang dihitung dari hari pertama menstruasi terkahir sampai dengan hari pertama Anda menstruasi kembali pada periode berikutnya. Karena dihitung berdasarkan jumlah harinya, dan setiap bulan mempunyai jumlah hari yang berbeda-beda, maka wajar jika siklus menstruasi terjadi tidak di tanggal yang sama atau bahkan maju beberapa hari setiap bulannya.Terjadinya siklus menstruasi bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga, faktor-faktor tersebut juga bisa menyebabkan siklus menstruasi datang lebih cepat ataupun terlambat.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa berpengaruh terhadap seklus menstruasi:

  • Faktor psikologis seperti stres, cemas berlebih
  • Fkator fisik seperti kelelahan, berat badan yang tidak ideal
  • Faktor hormonal pada tubuh wanita
  • Faktor kesehatan organ reproduksi
  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi ataupun riwayat konsumsi obat-obatan tertentu
  • PCOS
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, jika menstruas terjadi lebih awal hanya sesekali maka kemungkinan kondisi ini bisa disebabkan karena pengaruh faktor-faktor di atas. Namun, bila keluhan ini terjadi berulang kali dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, atau sering terjadi perdarahan di luar siklus menstruasi dan atau disertai dengan gejala penyerta lain sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Agar menstruasi lancar, pastikan Anda mengatasi stres, menjaga berat badan tetap ideal dengan mengetahui BMI Anda, hindari kelelahan, konsumsi makanan sehat bergizi, jaga kebersihan organ intim, lakukan olahraga ringan secara rutin, dan hindari melakukan seks bebas.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil