KB Suntik dan pil KB bagaimana perbedaannya?

KW Info Penanya: KW, Wanita, 1 Tahun
Begini selama ini saya memakai kontrasepsi suntik . Dan saya mau pindah KB pil dan di dlm tulisan diminum setelah haid. Sampai sekarang belum haid. Apakah itu besar kemungkinan saya hamil. Tlg penjelasan nya trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Terdapat 2 jenis KB Suntik yang ada di Indonesia, yaitu KB Suntik 1 bulan dan KB suntik 3 bulan. KB Suntik merupakan KB yang mengandung hormonal. Cara kerjanya adalah menghambat pelepasan sel telur setiap bulannya, mengentalkan lendir di leher rahim sehingga sperma akan susah masuk ke dalam, dan menipiskan dinding rahim sehingga jika ada sperma yang dapat masuk tidak bisa menempel.

Sedangkan Pil KB merupakan metode alat kontrasepsi yang juga mengandung hormonal. Bedanya pil KB ini harus di minum setiap hari, sediaan tabletnya terdiri 21-35 tablet. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, jika Anda ingin mengganti KB Suntik dengan Pil KB memang sebaiknya diminum setelah Anda sudah menstruasi untuk memastikan Anda sedang tidak hamil, namun jika menstruasi tidak kunjung datang, sebaiknya lakukan testpack atau konsultasikan ke bidan atau dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda.

Jika Anda sudah meminum Pil KB dan lupa meminumnya, Anda boleh tetap meminumnya jika tidak lebih 12 jam. Jika lupa hingga 24 jam sebaiknya minum 2 tablet sekaligus. Jika lebih dari 24 jam bisa minum Pil KB ketika ingat. Pil KB juga tidak dapat menghindarkan Anda dari penyakit menular seksual. Tetap jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, perbanyak minum air putih 2-3 liter / hari, olahraga teratur minimal 3-4 kali / hari.

Semmoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.