Haid tidak lancar apakah hamil?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 22 Tahun
Halo Dok, tanggal 3 juli lalu saya haid tapi hanya berlangsung sehari (selama ini haid saya selalu teratur), seminggu setelah itu saya melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya, tanpa kondom dan di keluarkan di luar, besoknya muncul bercak darah, di malam harinya muncul darah dalam jumlah yang lebih banyak, tetapi hari ini tidak muncul lagi hanya flek kecoklatan. apakah penyebabnya dok dan apakah memungkinkan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

 

Haid merupakan siklus yang normalnya akan terjadi setiap bulan pada wanita yang masih dalam usia reproduktif. Siklus haid akan datang antara rentang 21-35 hari dengan siklus wanita yang kebanyakan terjadi 28 hari sekali. Periode haidnya sendiri sekitar 3-7 hari. Namun tidak jarang wanita mengalami keterlambatan haid. Hanya karena sesuatu hal yang awalnya dianggap sepele seperti terlalu lelah dan stres. Kondisi ini membuat para wanita merasa khawatir sebab siklus haid dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

Penyebab dari kondisi haid yang tidak teratur adalah sebagai berikut:

  1. Hormon tidak stabil.
  2. Kondisi stres dan terlalu kelelahan.
  3. Efek samping penggunaan KB hormon.
  4. Penyakit pada kandungan seperti kista, endometriosis, PCOS, dan mioma.
  5. Kelainan pada kelenjar tiroid.

Untuk memastikan keluhan yang Anda alami apakah terjadi kehamilan atau tidak, dibutuhkan pemeriksaan terlebih dahulu seperti dengan menggunakan test pack. Jika hasil test pack meragukan Anda sebaiknya mengonsultasikan kepada dokter kandungan ya.

Pada dasarnya ejakulasi diluar masih dapat menyebabkan kehamilan apabila hubungan seksual dilakukan dengan penetrasi. Sebab saat penis ereksi ada cairan praejakulasi yang keluar dan cairan ini mengandung sperma sehingga terkadang pasangan Anda tidak sadar sudah mengeluarkan cairan tersebut di dalam vagina Anda. 

Jika Anda belum menginginkan terjadinya kehamilan saya sarankan untuk mengambil langkah pemilihan KB. 

Untuk membantu memperlancar haid Anda juga perlu melakukan hal dibawah ini:

  • Olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari.
  • Hindari kondisi stres dan kelelahan.
  • Tidur yang cukup.
  • Makan banyak buah dan sayur.
  • Banyak minum air putih minimal 2-3 liter perhari.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.