Haid tidak teratur dan keluar flek coklat diluar siklus haid, karena apa ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok kenapa yaa saya sering telat haid kadang 2 bulan baru haid, pernah waktu itu sampai 3 bulan baru haid dan klo waktu haid bisa hampir 2 minggu baru berhenti ,setelah itu muncul flek coklat bisa sampai 2 atau 3 minggu baru bersih dan setelah bersih sekitar 2 hari lalu saya melakukan hubungan intim dengan suami saat melakukan muncul flek coklat lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, I.

Haid tidak teratur adalah keluhan yang kerap kali dialami oleh wanita berkaitan dengan siklus menstruasinya. Umumnya penyebab dari gangguan siklus menstruasi berhubugan dengan ketidakseimbangan hormon pengaturnya seperti estrogen dan progesteron. Adapun keadaan haid tidak teratur yang menimbulkan perdarahan khususnya flek coklat diluar siklus menstruasi yang dalam istilah medis dikenal dengan metroragia.

Beberapa penyebab dari keadaan metroragia, antara lainnya ialah :

  • tidak secara teratur mengalami ovulasi
  • hormon tidak seimbang akibat beberapa faktor seperti obesitas dan stres
  • penyakit tertentu sepertu gangguan pembekuan darah
  • gangguan pada alat reproduksi seperti :
    • fibroid rahim
    • polip rahim
    • adenomiosis
    • endometriosis

Mengenai keluhan yang Anda alami memang sudah diluar batas normal dari siklus haid yang berkisar antara 21-35 hari. Penyebab dari keadaan yang dialami mungkin salah satu faktor diatas, namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli, yaitu dokter Spesialis Kandungan. Dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan USG untuk memeriksa keadaan rahim Anda dan mengidentifikasi apakah ada kelaian atau tidak.

Untuk sementara, cobalah megonsumsi air rebusan jahe, bubuk kayu manis dan ekstrak adas untuk membantu menghentikan keluhan pengeluaran flek coklat diluar siklus haid pada Anda.

Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri jika keluhan dirasakan semakin lama semakin memberat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.  Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!