09 Dec 2020, 12:58Kandungan

Penyebab gangguan jenis haid yang sering terjadi

GF
Info Penanya: GF0
Dok kenapa ya saya haid cuman 2 hari gk deres lg sedikit2 trus gk menggumpal kaya darah haid biasanya warnanya pas hari ke 2 warna ke coklat2an ini tuh darah haid apa darah implantasi ?
403 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Halo G saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Keluhan haid meruapakan keluhan yang tersering terjadi pada wanita, baik itu haid yang terus menerus, haid yang sedikit, haid yang bergumpal-gumpal disertai nyeri, tidak haid, haid yang menyebabkan nyeri perut hingga penderita tidak bisa aktifitas dll. 

Gangguan jenis haid

Lamanya haid bisa berbeda-beda tiap wanita. Normalnya wanita mengalami haid sekitar 3 hingga 7 hari. Biasanya terjadi pengeluaran yang banyak pada hari pertama dan kedua haid, dan dilanjutkan pengeluaran darah yang sedikit atau hanya berupa flek saja.Beberapa gangguan jenis haid :
  • Warna mentstruasi kecoklatan atau lebih gelap dikarenakan darah yang keluar merupakan darah yang lebih tua sehingga warna menjadi lebih gelap.
  • Jumlah darah yang lebih sedikit terjadi karena penebalan dinding rahim yang tidak terlalu banyak, sehinngga menyasilkan peluruhan yang sedikit pula.
  • Darah menstruasi yang menggumpal dan banyak disebabkan oleh gangguan hormon, pemakaian IUD, premenopouse, atau gejala dari kanker rahim.
Keluhan menstruasi yang hanya 2 hari seperti yang Anda alami juga dapat terjadi karena gangguan siklus menstruasi yang memanjang, durasi menstruasi yang memendek, gangguan hormon karena pemakaian KB, pikiran yang membuat stress, kelelahan akibat pekerjaan, maupun gangguan hormon karena BB yang terlalu kurus atau terlalu gemuk.Perdarahan karena implantasi terjadi jika Anda sudah mengalami telat haid lebih dari 35 hari dan ada tanda-tanda kehamilan serta test pack yang positif. Untuk itu terapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, makan-makanan bergizi, pertahankan bentuk tubuh yang ideal, usahakan untuk menggunakan kontrasepsi yang non hormonal, hindari stress, dan lakukan refreshing agar hormon di tubuh juga menjadi seimbang.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
siklus haidkehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil