Darah haid berlebihan, apakah berbahaya ?

MP Info Penanya: MP
Halo Dok,saya ingin bertanya waktu bulan juni tgl 26 saya haid tetapi darah belum terlalu banyak keluar lalu pada pertengahan July darah yang keluar cukup banyak dan alhamdulillah saya tidak merasakan nyeri perut/panggul. apakah itu berbahaya dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MP.

Darah haid berlebih merupakan keadaan yang dikenal pula dengan sebutan perdarahan uterus abnormal (PUA). Gejala yang dialami pada keadaan PUA dapat berupa perdarahan yang sangat deras dan dapat disertai gumpalan, lebih dari 7 hari, siklus yang memendek hingga flek diluar siklus haid.

Adapun beberapa kondisi medis yang dapat memicu PUA, diantaranya adalah :

  • sindroma polikistik ovarium (PCOS)
  • endometriosis
  • polip rahim
  • fibroid rahim
  • penyakit menular seksual
  • efek samping penggunaan obat-obatan tertentu seperti pil KB, pengencer darah dan lain-lainnya

Mengenai keluhan darah haid berlebih pada Anda, jika terjadi pada satu siklus haid saja dan tidak berulang, umumnya masih aman. Hal tersebut dapat terjadi sementara akibat adanya gangguan keseimbangan hormon yang dapat dipicu oleh berbagai faktor. Namun apabila terjadi terus menerus dengan setidaknya 3 bulan berturut-turut disertai gejala lainnya seperti pusing, pingsan, nyeri haid berat dan gejala lainnya yang mengkhawatirkan, Anda perlu untuk memeriksakan diri ke dokter Kandungan.

Untuk sementara Anda dapat memantau siklus haid selanjutnya hingga mencapai 3 bulan, sambil melakukan olah raga ringan dan mengonsumsi air rebusan jahe serta ekstrak adas. Jika sebelum 3 bulan perdarahn berat terjadi diluar siklus haid, segeralah memeriksakan diri.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.