Haid berlangsung 15 hari disertai nyeri pinggang

S Info Penanya: S, Wanita, 30 Tahun
Saya wanita, umur 29, belum menikah..Saya sedang haid, sudah berlangsung 15 hari.. haid saya byk dan bergumpal.. di hari k 16 ini pinggang sebelah kira terasa sangat sakit, hingga untuk bangun dr duduk pun susah.. haid nya pun menjadi sedikit..Baru pertama kali mengalami ini selama haid..Sebelumnya haid saya kurang lancar.. bahkan pernah 6 bln tdk mendapat kan haid..Yg ingin saya tyk kan.. knp dg saya dan pinggang saya?? Dan apa obat yg baik utk menyembuhkan sakit pinggangnya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore S

Kondisi haid yang anda alami hingga 15 hari ini merupakan kondisi yang tidak normal. Hal ini disebut abnormal uterine bleading. Dalam siklus menstruasi reguler, normalnya menstruasi berlangsung hingga 6-7 hari, jika berlangsung lebih dengan perdarahan yang banyak, kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan ovulasi, fibroid atau mioma uteri, kelainan darah, kelainan dinding endometrium, penggunaan kontrasepsi iud dan infeksi panggul.

Pada nyeri menstruasi dan nyeri pinggang yang anda alami dapat diberikan anti nyeri umum seperti paracetamol dan asam mefenamat, sementara untuk perdarahan yang berlebih harus dicari tahu sumber utama perdarahan melalui evaluasi darah dan usg kandungan.

Saran saya anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan dan kebidanan

Salam Sehat dr. Zulham Effendy

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.