haid berkepanjangan setelah lepas kb suntik 3 bulan

CN Info Penanya: CN
hallo doksaya pertama kali menggunkn kb.kb yg sya gunakan kb suntik 3bln..knpa ya dok selama 3 bulan malah smpai sekarang kb nya sudah hbis haid sya blm kunjung berhenti,ini udah msk bulan ke 5 saya mengalami haid padahal sya sudah tdk mggunkannya lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, CN

Terimakasih telah bertanya di SehatQ

Salah satu efek samping dari KB suntik adalah perdarahan di luar siklus menstruasi dan siklus menstruasi menjadi tidak teratur, terutama KB suntik 3 bulan. Hal ini disebabkan karena suntik mengandung hormon yang bekerja mencegah kehamilan dengan cara menghambat pelepasan sel telur serta mencegah pertemuan sperma dan sel telur. Seperti alat kontrasepsi hormonal lainnya, perubahan kadar hormon di dalam tubuh dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

Perlu juga dipikirkan kemungkinan lain yang menyebabkan menstruasi memanjang diantaranya :

  • kelelahan
  • faktor stress
  • penyakit rahim misalnya endometriosis (pertumbuhan jaringan endometrium yang tidak normal), polip, mioma (tumor jinak di dinding rahim), adenomiosis (pertumbuhan jaringan endometrium ke dalam otot rahim)
  • keganasan (misalnya kanker seviks)

Untuk saat ini kemungkinan besar penyebab menstruasi memanjang yang Anda alami disebabkan oleh penghentian suntik KB sehingga kadar hormon di dalam tubuh membutuhkan waktu untuk kembali seimbang. Mengingat keadaan yang Anda alami sudah lebih dari 3 bulan terdapat resiko untuk menderita anemia setelah mengeluarkan cukup banyak darah dalam jangka waktu panjang,sangat di sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan untuk di lakukan pemeriksaan, Untuk dievaluasi lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Beberapa saran sementara untuk Anda :

  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak Fe seperti sayur, daging ati, susu, telur dan sayuran.
  • Konsumsi air putih cukup minimal 2 liter perhari
  • Minumlah suplemen tambah darah 
  • Istirahat yang cukup

Semoga bermanfaat penjelasan ini.

Salam sehat,

dr. Anugerah

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN*
14 Jan 2020, 19:18
Asalamualaikum dok.Terimakasih saran dan informasinya .. karna saya juga sedang mengalami hal seperti ini setelah lepas KB 2 bulan ini haid yg berkepanjangan .. darah nya gak banyak sedikit sedikit .. dan daya juga punya pengalaman angkat miom di rahim .. mangkanya setelah lepas KB dan haid terus menerus jadi was was dan takut .. pernah 1 bulan lalu Konsul dan cek miomnya gak ada . Dikasih obat tapi sampe skrng masih ada haidnya . .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 Mar 2020, 09:13
Setelah lepas dari KB, tubuh butuh waktu untuk kembali ke siklus hormon seperti awal sebelum KB ya, AN. Sebaiknya Anda melakukan kontrol secara berkala, apabila obat yang diberikan belum berhasil. Dokter akan menyesuaikan obat-obatan yang diberikan dengan kondisi terkini Anda.
Dibalas oleh UZ
24 Jan 2020, 23:01
Mbk AN mohon maaf menganggu,keluhan mbk sma kayak saya mbk,saya ikut kb selama 5 tahun terus stop kb udah 2 bulan ini,1 bulan pertama mens slma 15 hr mbk,bulan ke 2 ini mulai tanggal 11 ssmpe sekarang masih mens mbk,saya takut bnget,mbk pernah punya miom ya mbk klo ciri2 miom itu gmna mbk awal2 nya,soalnya katanya saya punya miom tp buksn dokter yg bilang tp tukang pijit mbk,mbk sharing donk ke saya.makasih mbk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 Mar 2020, 09:17
Salah satu ciri miom adalah gangguan haid atau nyeri saat berhubungan ya, UZ. Sebaiknya untuk memastikan kondisi miom, Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya.
Dibalas oleh AA
09 Feb 2020, 07:11
Halo Dok saya faies saya baru 1 bulan lepas KB 3bulan terus di pertengahan bulan saya keluar darah ap itu darah haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 Mar 2020, 09:18
Halo AA, jika berlangsung seperti haid (3-7 hari dan mengulang lagi bulan depan), bisa saja itu darah haid. Namun, bisa juga itu flek yang disebabkan karena kondisi hormonal yang belum stabil pasca lepas KB.
Dibalas oleh FF
15 Mar 2020, 21:41
Mbk CN apakah anda masih haid sampai sekarang..ataukah sudah berhenti?sya juga mengalami hal yang sama
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
16 Mar 2020, 07:59
Selamat pagi,
KB suntik adalah salah satu kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, dilakukan dengan menyuntikkan hormon pada tubuh. KB suntik cukup efektif untuk mencegah kehamilan, dengan mencegah ovarium untuk melepaskan sel telur saat fase ovulasi. Namun penggunaan KB suntik memiliki beberapa efek samping, salah satunya perdarahan atau haid berkepanjangan. Jika haid yang berkepanjangan mulai menggangu aktivitas sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan ya.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.