haid berkepanjangan setelah lepas kb suntik 3 bulan

CN Info Penanya: CN
hallo doksaya pertama kali menggunkn kb.kb yg sya gunakan kb suntik 3bln..knpa ya dok selama 3 bulan malah smpai sekarang kb nya sudah hbis haid sya blm kunjung berhenti,ini udah msk bulan ke 5 saya mengalami haid padahal sya sudah tdk mggunkannya lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, CN

Terimakasih telah bertanya di SehatQ

Salah satu efek samping dari KB suntik adalah perdarahan di luar siklus menstruasi dan siklus menstruasi menjadi tidak teratur, terutama KB suntik 3 bulan. Hal ini disebabkan karena suntik mengandung hormon yang bekerja mencegah kehamilan dengan cara menghambat pelepasan sel telur serta mencegah pertemuan sperma dan sel telur. Seperti alat kontrasepsi hormonal lainnya, perubahan kadar hormon di dalam tubuh dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

Perlu juga dipikirkan kemungkinan lain yang menyebabkan menstruasi memanjang diantaranya :

  • kelelahan
  • faktor stress
  • penyakit rahim misalnya endometriosis (pertumbuhan jaringan endometrium yang tidak normal), polip, mioma (tumor jinak di dinding rahim), adenomiosis (pertumbuhan jaringan endometrium ke dalam otot rahim)
  • keganasan (misalnya kanker seviks)

Untuk saat ini kemungkinan besar penyebab menstruasi memanjang yang Anda alami disebabkan oleh penghentian suntik KB sehingga kadar hormon di dalam tubuh membutuhkan waktu untuk kembali seimbang. Mengingat keadaan yang Anda alami sudah lebih dari 3 bulan terdapat resiko untuk menderita anemia setelah mengeluarkan cukup banyak darah dalam jangka waktu panjang,sangat di sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan untuk di lakukan pemeriksaan, Untuk dievaluasi lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Beberapa saran sementara untuk Anda :

  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak Fe seperti sayur, daging ati, susu, telur dan sayuran.
  • Konsumsi air putih cukup minimal 2 liter perhari
  • Minumlah suplemen tambah darah 
  • Istirahat yang cukup

Semoga bermanfaat penjelasan ini.

Salam sehat,

dr. Anugerah

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.