10 Feb 2021, 13:55Kandungan

Apakah wajar haid yang lebih dari sebulan?

MJ
Info Penanya: MJ0
Dok, kan waktu itu saya pertama kali sunik kb yg 3 bulan mulai dari tgl 09 Agustus 2020. Dan saya disuruh balik untuk suntik kb selanjut nya bulan november 2020. Tetapi saya gk lanjutin suntik kb nya dok saya lepas suntik kb. Tapi sewaktu saya masih suntik kb itu keluar haid kyk semacam flek , dan setelah saya lepas kb, sampai sekarang saya masih saja haid terus dari awal suntik sampai sekarang saya lepas kb dok. Kadang kyk nge flek kadang juga banyak dok kyk haid biasa. Apakah itu wajar dok?
312 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, MJTerima kasih atas pertanyaannya.Siklus haid normal adalah 21-35 hari sekali dengan lama haid sekitar 2 hingga 7 hari lamanya.  Siklus haid ini dipengaruhi oleh faktor hormonal.  Ketika haid cepat dan sering, atau haid lama dan banyak atau bahkan tidak haid sama sekali dapat terjadi gangguan siklus haid. 

Penyebab gangguan siklus haid :

  • Faktor obesitas atau berat terlalu rendah.
  • Kehamilan dan menyusui.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Stress dan kelelahan.
  • Gangguan pada tiroid dan PCOS.
  • Gangguan rahim.
Suntik KB 3 bulanan merupakan KB yang mengandung hormonal dalam mencegah kehamilan sehingga kerja KB ini akan menimbulkan efek samping yaitu gangguan siklus haid.  Terkadang efek ini juga dapat menetap selama beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah lepas KB suntik. Terkait yang anda tanyakan, bila haid sudah lebih dari 1 bulan tidak berhenti maka sudah tidak dikatakan normal apalagi jika tidak berhenti lebih dari 3 bulan.  Hal ini dapat berpotensi terjadinya anemia dan gangguan pada tubuh lainnya.  Untuk itu, periksa ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan lebih mendalam terkait haid yang terlalu lamaSementara ini, jaga berat badan seimbang, kurangi stres dan begadang, perbanyak air putih, konsumsi makanan bergizi serta olahraga teratur untuk menjaga siklus haid teratur kembali. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidpenggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil