Haid berkepanjangan lebih dari 1 minggu

HE Info Penanya: HE, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya mslah haid , saya berumur 16thn memng dari awl prtma sya haid tdak teratur kagdang 3 bulan bru dtg haid trs haidnya smpe 2mngguan lebih , tetapi bulan in sya haid ,, sya mw tanya saya haid berkepanjangn prtama drh sya berwarna coklt hingga 1mnggu lebih trus berubah brwarna merah terang skrg brubah lagi mnjadi wrna coklt tua , kira2 knpa ya dok dri bulan agsts smpe skrg sya blm brenti haid dok :( darah saya jga kluarnya dikit ga pernah banyak .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HES,

Pada umumnya siklus haid seseorang adalah 28 hari namun siklus haid masih terbilang normal bila berlangsung selama 21-45 hari, sedangkan untuk durasinya sendiri berlangsung sekitar 5- 7 hari.

Ada beberapa hal yang menyebabkan gangguan pada siklus haid, antara lain :

  1. Stres yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh seseorang.
  2. Berat badan yang tidak ideal, baik terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat mengganggu keseimbangan hormon.
  3. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) merupakan penyakit dimana didapatkan hormon androgen yang berlebihan (hormon yang umumnya ditemukan pada pria) pada tubuh wanita.
  4. Penurunan berat badan yang sangat ekstrim.
  5. Kelelahan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan agar haid teratur seperti menjalankan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi, perbanyak makan sayur dan buah, minum air putih minimal 2 liter per hari, olahraga secara rutin, berusaha mengurangi stres dan istirahat cukup.

Bila haid seringkali terlambat, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG perut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur wanita dipengaruhi dengan siklus haid wanita agar dapat hamil

Mungkinkan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Mencatat siklus menstruasi sangat penting, jika Anda merencanakan kehamilan atau malah menghindarinya. Lewat siklus haid, kita dapat menentukan hari-hari yang paling subur dan kemungkinan untuk hamil lebih besar. Mitos menyebutkan bahwa seorang wanita tidak dapat hamil ketika dia sedang haid.