Haid belum juga datang, apakah bisa karena hamil?

DS Info Penanya: DS
Halo dok. Saya ingin menanyakan... Di bula ini haid saya seharusnya dtg tgl 19 20 dok. Tp sampai tgl 23 mei haid saya jg belum dtg dok..pdahal saya belum ada berhubungan bdn dengan suami saya. Tpi pda tgl 22 mei saya berhubungan dgn suami saya. Apakah saya bs hamil dok? Dan kenapa haid saya belum dtg jg ya dok..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Telat haid merupakan kondisi yang dialami oleh setiap wanita. Telat haid sering dikaitkan dengan kehamilan. Padahal belum tentu seorang wanita mengalami telat haid karena kehamilan. Namun, bisa saja disebabkan karena kondisi yang lain.

Normalnya, siklus haid seorang wanita setiap 28 hari dan atau 21-35 hari. Jika berlangsung kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, maka dapat dikatakan gangguan menstruasi. 

Penyebab telat haid

Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab telat haid selain karena kehamilan, yaitu:

  • Stres.
  • Kelelahan akivitas fisik.
  • Berat badan yang tidak ideal.
  • Pola makan yang buruk. 
  • Penggunaan KB.
  • Kondisi medis seperti PCOS, gangguan tiroid, dll.

Jika Anda berhubungan badan dengan suami di tanggal 22 Mei, maka bila dalam 1-2 minggu ke depan Anda belum juga haid, bisa jadi Anda hamil. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan testpack di 1-2 minggu ke depan. Tetapi, jika dalam satu minggu ke depan Anda mengalami menstruasi, maka Anda telat haid bukan karena hamil. Bisa jadi karena salah satu kondisi diatas. 

Untuk melancarkan haid Anda yang telat, Anda dapat melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi terutama sayur dan buah-buahan, rutin melakukan olahraga, menghindari stres, istirahat yang cukup, dan mengkonsumsi vitamin C. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.