Darah haid banyak, normal atau tidak?

SO Info Penanya: SO, Wanita, 14 Tahun
Saya ibu rmh tangga usiaku 40 kl haid itu darah keluar byk dan darahnya Prengkel2 sebesar hati ayam ukuran ayam kecil,saya mau tanya apakah itu tdk bahaya kr tdk spt biasanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Haid merupakan suatu kondisi dimana keluarnya darah dari vagina selama beberapa hari. Siklus menstruasi yang normal setiap wanita adalah 28 hari, tetapi bisa juga berkisar 21-35 hari. Biasanya pada hari pertama hingga hari kedua mens darah akan banyak yang keluar dan berwarna merah pekat. Wanita akan kehilangan darah sebanyak 30-70 ml saat menstruasi. Menstruasi muncul saat usia pubertas 12-14 tahun dan akan hilang saat menopause usia 45-55 tahun. 

Kondisi yang Anda alami bisa merupakan suatu hal yang wajar. Karena pada beberapa wanita, darah haid bisa keluar sangat banyak dan muncul seperti gumpalan kecil-kecil pada darah mens. Tetapi, kondisi tersebut bisa juga menjadi hal yang tidak wajar. Kemungkinan bisa merupakan tanda dari suatu penyakit pada organ reproduksi Anda dan bisa juga akibat pengaruh dari hormon. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar dapat diperiksa terlebih dahulu dan diberikan terapi yang tepat.

Sementara ini, untuk mengatasinya, Anda bisa perbanyak istirahat, konsumsi air putih yang banyak, makan makanan yang bergizi, bisa konsumsi jahe atau teh, dan olahraga ringan yang teratur seperti yoga, jogging, dll 

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Polip rahim biasanya tumbuh di dinding rahim atau endometrium wanita

Apakah Polip Rahim saat Menopause Membutuhkan Operasi?

Polip adalah suatu jaringan abnormal yang tumbuh, berukuran kecil, bertangkai, dan berbentuk seperti jamur. Polip rahim pada wanita menopause dapat diatasi dengan 2 jenis operasi untuk polip rahim yaitu polipektomid dan histerektomi.