16 Nov 2021, 08:00Kandungan

Perbedaan darah haid dan darah implantasi

TL
Info Penanya: TL0
Selamat pagi dok. Maaf saya mau tanya. Saya baru menikah sekitar bulan juni nah saya juga sedang menantikan kehamilan. Kemarin pada tgl 31 Oktober saya HB dengan suami saya pada masa subur saya. Pada tgl 15 November pagi hari keluar flek seperti warna coklat malamnya tidak keluar. Nah pada saat saya bangun tidur tiba tiba keluar darah.. Apakah itu darah implantasi atau darah haid. Terimakasihh..
96 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, TTerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus haid wanita adalah 21 hari sampai dengan 35 hari. Sedangkan lamanya perdarahan haid terjadi 3 - 7 hari. Selain itu perdarahan haid bisa berwarna merah, merah kecoklatan, atau bahkan merha kehitaman. Untuk konsistensi darah pada darah haid bisa berupa flek (bercak), cair kekentalan, cair atau bahkan berupa gumpalan.

Apa saja perbedaan darah haid dan darah implantasi?

Perdarahan implantasi adalah perdarahan yang terjadi karena menempelnya calon janin pada dinding rahim. Biasanya terjadi sekiatr 6 - 12 hari setelah proses pembuahan. Terdapat beberapa perbedaan darah haid dan darah implantasi, mulai dari konsistensi, volume darah, warna darah dan lamanya perdarahan. ntuk membedakannya, pahami beberapa ciri-ciri perdarahan implantasi berikut ini.

Ciri-ciri darah implantasi adalah:

  • Perdarahan hanya terjadi beberapa jam saja, atau paling lama 3 hari
  • Volume darah hanya sedikit, yaitu hanya berupa bercak
  • Tidak ada gumpalan darah yang keluar
  • Darah yang keluar berwarna merah terang atau kecoklatan
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, telah disebutkan perbedaan darah haid dan darah implantasi. Lakukan tes kehamilan apabila Anda curiga terjadi kehamilan. Periksa ke dokter speisalis kandungan untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut.Hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup, jaga kebersihan area kewanitaan, tetap konsumsi makanan sehat bergizi, konsumsi sayur dan buah serta melakukan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat.Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait dengan perdarahan implantasi di bawah ini:Keluar bercak darah, apakah ini tanda hamil?Apakah flek darah merupakan tanda hamil?Semoga bermafaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
hamilkehamilanhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil