02 Dec 2020, 13:40Kandungan

Haid atau hamil?

MP
Info Penanya: MP0
Siang dok, saya mau tanya kalo telat 5 hari perut ngerasain keram, gampang lelah, mual tp di tespek negatif dan hari ke 5 ini keluar bercak kyk awal mau menstruasi warna coklat apa saya hamil atau telat haid ya Dok? Terima kasih??
205 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam MP,Pemeriksaan tes pack dilakukan untuk mendeteksi adanya kehamilan menggunakan urin pagi yang pertama kali keluar ketika bangun tidur. Pemeriksaan ini cukup akurat dilakukan selama mengikuti prosedur yang benar. Namun seringkali karena sudah tidak sabar ingin mengetahui hasilnya, maka tes pack ini dilakukan terlalu dini dan membuat hasilnya membingungkan.

Perihal kondisi Anda yang telat haid 5 hari dan hasilnya negatif bsia disebabkan oleh:

  • Memang tidak sedang hamil, namun terlambat haid akibat faktor kelelahan, sedang stres, atau sedang diet ketat.
  • Hamil namun tes pack dilakukan terlalu cepat sehingga hormon kehamilannya belum banyak dan belum terdeteksi pada alat tesnya. Idealnya tes pack dilakukan paling cepat ketika wanita sudah 1 minggu terlambat haid.
  • Tidak menggunakan urin pagi yang pertama keluar.
Bila Anda mengalami gejala-gejala hamil dan flek yang keluar sangat sedikit, maka Anda perlu melakukan tes pack ulang jarak 1 minggu lagi atau saat Anda terlambat haid 2 minggu untuk memastikan hasilnya apakah Anda sedang hamil atau tidak.Selama menunggu waktu tes pack ulang, Anda harus banyak berbaring istirahat, minum paracetamol untuk meredakan keluhan kram, nyeri perut, dan minum vitamin B6 agar tidak mual. Bila nantinya hasilnya positif maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kehamilan Anda.Salam sehat,dr. Vina
hamilgangguan menstruasitest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil