Haid lebih dari 7 hari

GN Info Penanya: GN, Wanita, 20 Tahun
Dok, saya gadis berusia 21 tahun. biasanya saya haid hanya 3 sampai 4 hari. bulan lalu saya haid diawal bulan dan berlangsung 4 hari. tiba2 diakhir bulan (sekitar tgl 20an) saya haid lagi kurang lebih 3 hari. dan di bulan ini tgl 5 saya haid lagi sampai tgl 10 udah bersih. tiba2 tgl 11 saya haid lagi, malamnya bersih lagi. esok harinya keluar lagi. tapi itu semua tanpa keluhan nyeri apa2 dok. apakah siklus haid saya normal? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam GN,

Siklus haid yang terjadi bisa merupakan siklus yang normal karena masih direntang 21 hari sampai 35 hari sekali. Tapi jika perdarahan yang terjadi lebih dari 7 hari bukan hal yang normal, hal ini disebut dengan menorrhagia. Apabila terjadi haid lalu kemudian keluar flek, bisa juga merupakan sisa menstruasi.

Apabila sering kali timbul perdarahan diluar siklus menstruasi, flek cokelat ataupun perdarahan lebih dari 7 hari, bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:

  • Gangguan hormonal
  • Gangguan organ reproduksi 
  • Adanya tumor jinak atau mioma uteri
  • Polip di rahim atau adanya jaringan abnormal yang mudah berdarah
  • Endometriosis atau gangguan sel rahim yang tumbuh abnormal 
  • Efek penggunaan kontrasepsi

Untuk itu sebaiknya bisa dilakukan pemeriksaan jika sering kali terjadi. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan untuk memastikan apa penyebabnya dengna pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan hormonal. Penanganan sendiri akan dilakukan dengan pemberian obat untuk menghentikan perdarahan baik yang bersifat hormonal ataupun non hormonal. Nantinya juga bisa perlu dilakukan tindakan apabila diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.