Haid 3 kali dalam sebulan

HF Info Penanya: HF, Wanita, 18 Tahun
Dok....Saya masih lajangSaya haid 3 sebulan lalu pergi ke dokter di beri obat penghenti darah sama penambah darah..malam saya minum pagi nya kok darah makin bnyak kluar ya?Maaf saya gak tau pilih kategori apa...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HF,

Menorrhagia adalah perdarahan menstruasi yang berlebihan, baik perdarahan yang volume darahnya lebih banyak dari biasanya ataupun perdarahan yang lebih dari 7 hari termasuk apabila dalam sebulan mengalami 3 kali menstruasi.

Penyebab perdarahan berlebih

Kondisi perdarahan yang tidak normal ini bisa dipicu oleh beragam penyebab, mulai dari masalah hormonal ataupun penyebab lain seperti:

  • Adanya tumor jinak di rahim, fibroid rahim
  • Adanya polip atau jaringan lunak yang mudah berdarah
  • Adanya endometriosis atau pertumbuhan jaringan rahim yang tidak normal
  • Adanya masalah hormonal
  • Kehamilan

Jika sudah diberikan obat tetapi masih tetap mengalami perdarahan, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan. Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan lab darah, pemeriksaan hormonal dan juga pemeriksaan USG untuk mencari tahu apa penyebabnya.

Jika sudah diberikan obat penghenti darah yang sifatnya non-hormonal, dapat dibantu diberikan obat hormonal untuk mengatasi perdarahan yang timbul.

Kurang darah atau anemia bisa menjadi salah satu komplikasi yang timbul, untuk itu perlu mengonsumsi vitamin penambah darah, minum air putih lebih banyak dan juga mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala endometriosis adalah dismenore alias rasa nyeri ketika menstruasi

Nyeri Haid Luar Biasa, Bisa Jadi Gejala Endometriosis

Gejala endometriosis biasanya terlihat ketika seseorang merasakan nyeri haid luar biasa. Segera periksakan diri ke dokter karena endometriosis dapat mengganggu kesuburan.