Haid dua kali dalam jarak berdekatan

A Info Penanya: A
Selamat Siang.Ijin bertanya, kemarin 30 Juni saya haid dan mengkonsumsi pil KB. Tetapi 2 hari kemarin lupa. Dan hari ini 16 Juli kembali haid. Apakah ini normal dan tidak akan berefek apaapa?Terimakasih,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Menstruasi normalnya adalah terjadi setiap bulan atau siklusnya antara 21-35 hari sekali. Apabila dalam 1 bulan terjadi 2 kali menstruasi tapi jaraknya lebih dari 21 hari masih bisa dikatakan normal. Pada kasus ini haid terjadi dengan jarak kurang dari 21 hari jadi bisa tidak normal. Penyebabnya bisa beragam seperti:

  • Masalah ketidakseimbangan hormonal
  • Masalah berat badan yang berubah dengan cukup drastis dan cepat
  • Penggunaan alat KB
  • Gangguan pada organ reproduksi seperti mioma uteri
  • Mengalami stres
  • Tanda kehamilan
  • Penyebab lainnya

Perlu perhatikan dulu apabila hanya terjadi sekali ini tidak apa, tapi jika perdarahan lebih deras, perdarahan menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari maka perlu diberikan penanganan. Kondisi gangguan siklus dan perdarahan ini disebut dengan menometroragia.

Tidak jarang kondisi ini perlu diberikan penanganan lebih lanjut oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti USG dan lab darah untuk memastikan penyebabnya dan ditentukan langkah penanganan, baik dengan pemberian obat, terapi hormonal ataupun jika diperlukan tindakan medis lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cuka apel bisa dijadikan cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB

Intip Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat KB

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB ada beragam, dengan menggunakan susu, cuka apel, lidah buaya, hingga bunga anggrek. Namun ingat, bahan alami juga bisa menyebabkan efek samping, sehingga Anda tetap perlu berhati-hati.