Darah haid tidak lancar hanya flek, testpack negatif

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 22 Tahun
Dok sy haid dr tgl 28-03mei tp haidnya tidak mengeluarkan darah yg seger dok hanya kaya ngeflek tp dengan jumlah banyak . trus tanggal 18 ny sy flek lg dan kluar hanya sedikit banget itu pertanda apa y dok . Sy uda tp tapi masih nihil .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore HT,

Perdarahan menstruasi normalnya adalah 3-7 hari dengan perdarahan yang bisa deras dibeberapa hari awal dan berangsur berkurang dan berhenti. Apabila perdarahan dirasa hanya flek dan tidak deras di awal menstruasi, bisa merupakan menstruasi yang tidak lancar. 

Menstruasi yang tidak lancar sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti gangguan hormonal, masalah di organ reproduksi, masalah gaya hidup, masalah berat badan dan lainnya.

Cara mengatasi haid yang tidak lancar

Jika sering kali menstruasi tidak lancar perlu perhatikan beberapa hal seperti:

  • Perbaiki pola istirahat dan tidur 7-8 jam sehari
  • Jaga berat badan ideal
  • Konsumsi makanan bernutrisi
  • Aktif bergerak seperti melakukan olahraga rutin
  • Kelola stres dan masalah pikiran

Bisa juga dibantu dengan mengonsumsi bahan alami untuk melancarkan haid seperti kayu manis, jahe, cuka apel ataupun kunyit. Apabila sudah testpack dan hasilnya negatif memang penyebab terlambat menstruasi bisa bukan karena kehamilan.

Kalau sampai 3 bulan berturut-turut tidak juga terjadi menstruasi maka sebaiknya diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram

Ini Penyebab Sakit Perut Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Mengenali penyebab nyeri tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan cara mengatasinya.