Haid 2 minggu berhenti 2 minggu haid

CP Info Penanya: CP, Wanita, 2019 Tahun
dok saya mau bertanya. saya wanita usia 22thn. sudah menikah tpi blm mempunyai momongan. saya mau tanya knp ya dok saya haid 2 minggu berhenti 2 minggu haid. gimana cara ngelancarin haid supaya cepat hamil. terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CP,

Menstruasi normalnya timbul 21-35 hari sekali dengan lama menstruasi antara 3-7 hari. Menstruasi yang tidak normal sendiri dapat beragam jenisnya seperti siklus menstruasi yang tidak teratur, menstruasi dengan perdarahan yang banyak, menstruasi dengan lama perdarahan lebih dari 7 hari dan permasalahan lainnya. Menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari disebut Menorrhagia. Kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, gangguan fungsi dari ovarium, adanya tumor jinak pada rahim, polip rahim, penggunaan alat kontrasepsi, efek obat tertentu, gangguan pembekuan darah ataupun kondisi medis lain.

Maka dengan itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter ahli kandungan dan kebidanan untuk mengetahui penyebabnya. Pemeriksaan sendiri akan dilakukan baik pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang seperti tes darah, papsmear, USG atau pengambilan contoh jaringan jika diperlukan. Penanganan sendiri akan dilakukan diantaranya dengan pemberian obat baik obat yang sifatnya hormonal maupun bukan untuk mengatasi perdarahan yang berkelanjutan ataupun tindakan medis jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PMS umumnya ditandai dengan tubuh yang lemas maupun sakit kepala

PMS Ganggu Aktivitas Anda? Begini Cara Mengatasinya

PMS sangat umum diderita oleh wanita 5 hingga 11 hari sebelum menstruasi. Jika PMS sampai mengganggu aktivitas, Anda bisa lakukan beberapa langkah ini untuk mengatasinya.