Apa penyebab haid tidak lancar dan keputihan?

SY Info Penanya: SY
maaf dok,,saya ber usia 30 thn yg harusnya tgl 11 bln 3 datang bulan tapi tidak haid sama sekali sampai sekarang,,dan tiba Tiba muncul keputihan kantal mirip susu lalu keputihan bercampur darah tapi sedikit, sekarang keputihan bening saya minum pil KB dan suami saya memakai kondom sekian pertanyaan saya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi merupakan suatu kondisi yang pasti dialami oleh setiap wanita. Siklus menstruasi wanita pada umunya dalah 28 hari. Tetapi ada juga yang 21-35 hari, itu masih merupakan hal yang wajar.

Setiap wanita pasti pernah mengalami telat haid. Ada banyak faktor yang menyebabkan  seseorang telat haid, yaitu stres, kecapekan fisik, berat badan yang tidak ideal, pola makan yang buruk, kehamilan, dan penggunaan KB. Untuk itu, kondisi telat haid yang Anda alami ini bisa jadi akibat dari penggunaan pil KB. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Hampir semua wanita juga pernah mengalami keputihan. Keputihan sendiri berfungsi untuk mencegah iritasi di kemaluan. Ciri-ciri keputihan yang normal yaitu berwarna bening, agar cair, dan elsatis. Ini biasanya muncul saat ovulasi. Sedangkan keputihan setelah ovulasi, akan berwarna putih, tebal dan lengket. Keputihan sebelum menstruasi berwarna putih kekuningan. Keputihan setelah menstruasi akan berwarna kecoklatan. 

Keputihan yang Anda alami ini sebenarnya masih merupakan keputihan yang normal. Biasanya akibat penggunaan KB yang dimana KB tersebut mempengaruhi hormon di dalam tubuh Anda. Sehingga, memunculkan keputihan seperti yang Anda rasakan ini. 

Jika keputihannya berbau tidak sedap, berwarna kuning, hijau, abu-abu, berbusa atau menggumpal, rasa gatal, nyeri, dan terjadi pembengkakan di vagina, maka itu merupakan keputihan yang tidak normal dan harus segera diobati oleh dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.