05 Dec 2020, 21:21Kandungan

Haid hanya 2-3 hari pada usia 44 tahun

RT
Info Penanya: RT0
Malam Dok... Dok usia ak menginjak 44thn februari tahun depan... Ak tiap haid cuma 2-3hari saja banyaknya, selebih nya berhenti, paling sedikit aj.. apakah itu normal Dok? Terimakasih Dok....Gbu ??
354 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, RT.Haid adalah perdarahan dari vagina yang akan dialami secara teratur oleh kaum wanita, mulai dari usia remaja hingga saat usia menopause. Rata-rata usia menopause adalah 44-55 tahun. Tetapi, 4-10 tahun sebelum menopause, biasanya wanita akan memasuki masa perimenopause.

Gejala Perimenopause

Pada saat memasuki masa perimenopause, hormon tubuh seorang wanita akan mengalami perubahan. Hal tersebut menimbulkan gejala-gejala dari sisi fisik dan psikis, dan berikut beberapa di antaranya:
  • perubahan siklus menstruasi
  • perubahan bentuk tubuh
  • penurunan produksi lendir vagina
  • penurunan gairah seksual
  • emosi yang lebih sensitif
  • berkurangnya kepadatan tulang
  • adanya gangguan tidur (misalnya sering terbangun malam hari)
Kemungkinan, perimenopause-lah yang menyebabkan haid Anda hanya berlangsung 2-3 hari. Nah, agar nantinya saat menopause Anda tetap sehat dan kecantikan senantiasa terjaga, mari mulai mempersiapkannya dari sekarang. Anda disarankan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, minimal setengah piring setiap makan, agar nutrisi bagi tubuh terpenuhi dan hormon lebih seimbang. Konsumsi juga makanan tinggi kalsium seperti susu dan keju agar risiko pengeroposan tulang berkurang.Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan keluhan Anda kepada dokter kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
menopausehaiddiet perimenopause
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil