Haid belum berhenti selama 10 hari, apa penyebabnya ?

SY Info Penanya: SY
Hallo Doc, Nama saya Yanti usia 36 THN, saya mau tanya doc, saya sudah haid 10 hari, tapi belum berhenti juga, sebelumnya saya tidak pernah mengalami seperti ini, dan di bulan April ini saya harus y mens tggl 28 april, tapi baru mens tggl 3 Mai, saya pikir hamil doc, ternyata tggl 3 saya ngeflek coklat ke hitaman, dan sampe skrg volume darah hanya sedikit tapi lama belum berhenti juga itu penyebab nya apa doc, mohon penjelasannya.. terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SY.

Haid belum berhenti setelah melebihi periode mentruasi sebelumnya adalah keluhan yang dapat terjadi berkaitan dengan gangguan keseimbangan hormon pengatur siklus haid. Dalam dunia medis keadaan tersebut dikenal dengan istilah menorrhagia yang berarti keadaan dimana darah haid yang keluar melebihi jumlah yang biasanya terjadi atau bahkan menjadi tidak wajar serta berlangsung lebih lama.

Mengenai keluhan Anda yang mengalami haid terus menerus namun dengan volume darah yang sedikit atau berupa flek dapat terjadi karena beberapa faktor.

Berikut faktor-faktor tersebut :

  • ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron
  • riwayat penggunaan alat kontrasepsi 
  • konsumsi dan penggunaan obat-obatan tertentu
  • penyekit pada alat reproduksi seperti kista ovarium, polip rahim dan lain-lainnya

Untuk memastikan penyebab dari keluahan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut terlebih dahulu oleh dokter Spesialis Kandungan.

Sementara Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit, serta ekstrak tanaman adas untuk membantu mengurangi gejala yang dialami. Berikut terlampir artikel mengenai cara menghentikan darah haid yang berlebih sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Jika keluhan tidak membaik selama lebih dari 3 minggu, segeralah periksakan diri Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.