05 Mar 2021, 02:14Psikologi

Bagaimana memberi pemahaman seksual pada anak?

AZ
Info Penanya: AZ0
Permisi dok, saya ingin bertanya, saya adalah seorang kakak dari adik laki saya yg masih berumur 11 tahun.Saya kaget ketika mengetahui adik saya sudah tahu akan hal dewasa dan mulai mencarinya di google dari histo pencarian. Saya tahu jika efektif nya itu mengajak bicara dia. Namun dia selalu tidak mau memperlihatkan akan hal itu. Dia selalu menutupi nya dan ketika saya keluar baru dia akan membukanya lagi. Sebenarnya dia belum tau jika saya tahu dia seperti itu. Cara atasi nya bagaimana ya dok?
165 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang AAnak pria usai 11 tahun sudah menginjak masa pubertas dimana organ reproduksi sudah mulai berfungsi menghasilkan hormon-hormon reproduksi pria. Akan terjadi perubahan pada fisik dan ketertarikan terhadap lawan jenis.

Pendidikan Seksual Penting Sejak Dini

Hal ini merupakan hal yang wajar, tetapi seringnya karena tidak adanya bimbingan seksual sejak dini dan tidak ada pendidikan moral di sekolah pada saat pandemi seperti ini, maka anak akan memuaskan rasa ingin tahunya melalui situs website. Apalagi pada zaman teknologi seperti sekarang ini sangat mudah untuk mencari dan membuka situs-situs dewasa.Pada dasarnya untuk memulai pendidikan mengenai seksual harus dimulai sejak usia dini sekitar usia 3-4 tahun untuk mengenali anggota tubuhnya sendiri serta lawan jenis. Bila pendidikan seksual dilewatkan begitu saja maka bisa berdampak pada perilaku seksual yang menyimpang.

Memberi Pemahaman Tentang Seksual Pada Anak Usia Pubertas

Yang menjadi peran disini untuk mendidik adalah orangtua anda. Anda bisa membicarakan hal ini dengan orangtua tetapi tidak menghakimi adik anda. Orangtua secara perlahan-lahan mendekati adik anda untuk memberikan bimbingan mengenai seks, mungkin diawali oleh ayah anda agar lebih mudah menjelaskan dan diterima oleh adik anda.Hal-hal yang bisa orangtua anda lakukan adalah:
  • Memulai obrolan saat menonton TV bersama, mengajaknya keluar atau saat mengerjakan sesuatu bersama
  • Berbicara mengenai berita yang sedang marak mengenai kekerasan seksual atau pelecehan seksual dan mencoba menjelaskan pemahamannya
  • Dengarkan pendapatnya terlebih dahulu baru anda memberikan saran
  • Menajdi contoh teladan pada anak sebagai pasangan 
  • Bercerita tentang masa muda orangtua dulu
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
tumbuh kembang anakpendidikan seksorientasi seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil