07 Jul 2021, 11:22Penyakit Lainnya

Demam setelah vaksin. Apa solusinya?

DG
Info Penanya: DG0
Dok, Sy seminggu yg lalu vaksin sinovac,, Skr tiap hri meriang n demam,, Mnum obt apa y dok?
745 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Reni Utari
(0)
Selamat siang DG,Terimakasih atas pertanyaannyaVaksin sinovac adalah vaksin inactivated atau vaksin yang mengandung virus SARS-CoV-2 yang sudah tidak aktif.Efek samping dari vaksin biasanya tergolong ringan, seperti:- Nyeri tempat suntikan- Bengkak di area suntikan- Sakit kepala- Ruam- Kelelahan- Diare- Nyeri otot- DemamUntuk keluhan demam yang bapak sampaikan merupakan hal yang umum terjadi sebagai respon dari sistem imun. Demam setelah vaksin memberikan bukti bahwa sistem kekebalan tubuh merespons vaksin dan sebagai hasilnya dapat membangun kekebalan terhadap virus yang menjadi target dari vaksin.Hal yang dapat dilakukan ketika demam setelah vaksin adalah:- Mengonsumsi paracetamol- Istirahat yang cukup- Minum banyak air putih minimal 8 gelas per hari- Kompres hangat- Mengonsumsi makanan bergizi seimbangSegera ke dokter spesialis penyakit dalam jika keluhan terus berlanjut. Semoga bermanfaat.Salam sehatdr. Reni Utari 
coronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil