Habis Operasi Benjolan di Pipi Kanan

MA Info Penanya: MA, Pria, 20 Tahun
Dokter, saya habis operasi Benjolan/kelenjar di pipi kanan. Tapi sudah hampir 2 minggu lebih pipi masih terasa berat dan diarea yang terasa berat tersebut kulit masih gak terasa. Dan dokter di rumah sakit memberi resep salep tapi saya tidak membeli namanya Sodermix cream. Apakah harus banget pakai salep itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Pasca dilakukan tindakan seperti misalnya operasi dapat memerlukan waktu hingga beberapa saat untuk bisa kembali pulih dan juga memerlukan waktu untuk penyembuhan luka. Jika timbul rasa mengganjal, rasa kesemutan ataupun baal bisa disebabkan karena efek proses prosedur medis yang dilakukan seperti misalnya pembiusan sebelum pengangkatan benjolan ataupun luka bekas operasi yang bisa bermasalah seperti misalnya terjadi infeksi luka pasca operasi.

Produk yang Anda sebutkan sendiri merupakan krim untuk mengobati dan mengurangi jaringan parut akibat luka operasi ataupun jika timbul keloid. Jadi harus atau tidaknya perlu disesuaikan dengan indikasi dokter yang memeriksa. Apabila timbul infeksi dapat ditandai rasa nyeri pada area luka operasi, adanya pembengkakan, terasa gatal, timbul nanah, demam ataupun luka yang tidak kunjung mengering.

Lakukan perawatan luka dengan baik agar tidak terjadi infeksi dan tidak menimbulkan bekas luka yang bisa mengganggu penampilan, jaga luka agar kering dan bersih, konsumsi makanan tinggi protein dan lakukan kontrol berkala agar membantu proses penyembuhan luka. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tips kesehatan pria untuk hidup yang paling penting adalah memeriksa kesehatan mental

10 Tips Kesehatan Pria yang Wajib Dilakukan untuk Menghindari Penyakit

Para pria memiliki potensi besar mengidap sejumlah penyakit kronis karena gaya hidup atau gen. Untuk terhindar dari risiko berbagai penyakit, Anda dapat mengikuti berbagai tips kesehatan pria yang meliputi: melakukan berbagai variasi olahraga, memeriksa kesehatan mental, hingga cukup istirahat.