Muntah berulang kali, tapi tidak BAB, kenapa?

E Info Penanya: E, Pria, 29 Tahun
Dok mw tanya saya habis muntah muntah sampe 12x setalah itu makan dan minum obat tpi dah 2 hari tidak BAB tapi untuk buang gas masih trus keluar dan kencing pun masih normal sering.Normal kah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Muntah adalah kondisi ketika makanan yang sudah ditelan keluar kembali. Biasanya, muntah berupa sisa makanan yang bercampur dengan asam lambung. Muntah bukan merupakan penyakit, tetapi merupakan gejala dari suatu gangguan kesehatan. Seseorang yang muntah biasanya juga mengalami gejala lainnya, seperti nyeri perut, diare, demam, dan lain-lain. 

Penyakit yang memiliki gejala muntah sangat bervariasi. Muntah yang disebabkan sistem pencernaan misalnya, disebabkan oleh penyakit seperti gastritis, keracunan makanan, infeksi Helicobacter pylori, atau tukak duodenum. Selain itu, penyebab lain seperti vertigo, migrain, dan lain-lain juga bisa bergejala muntah.

Terkait kondisi yang Anda alami, kemungkinan besar semua makanan yang Anda konsumsi keluar lagi dalam bentuk muntah. Oleh karena itu, belum ada makanan yang sempat dicerna secara menyeluruh dan berubah menjadi feses, sehingga Anda tidak mengalami buang air besar. Tetapi, buang air kecil yang lancar menandakan bahwa asupan cairan Anda masih cukup. 

Oleh karena itu, berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan:

  • Tetap mengonsumsi obat secara teratur sesuai petunjuk
  • Pilihlah makanan yang mudah dicerna, seperti bubur, nasi tim, atau smoothies
  • Hindari makanan pedas, berminyak, dan yang sulit dicerna
  • Konsumsi air putih yang cukup
  • Beristirahat dan tidur teratur, jangan begadang

Jika muntah berkepanjangan dan disertai dengan tanda dehidrasi seperti buang air kecil sedikit, atau disertai dengan demam, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab pastinya, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut melilit pada wanita

7 Bahan Alami Pengganti Obat Sakit Perut Melilit

Sakit perut tidak harus selalu diatasi dengan obat. Untuk mengatasinya, makanan yang dapat Anda coba adalah pisang, pepaya, jahe, teh herbal, dan yogurt.