Habis campak muncul benjolan di leher, apakah normal?

T Info Penanya: T, Wanita, 18 Tahun
Hai dokter, Saya punya problem kesehatan dok .Saya baru saja selesai campak beberapa minggu lalu. Setelah itu, saya sering merasa demam dan sensasi badan panas tiba-tiba. Beberapa minggu kemudian saya temukan benjolan di leher saya. Apakah ini gondokan biasa atau gejala sakit lain? Makasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan merupakan salah satu gejala yang kerap kali dikeluhkan saat seseorang menemui dokter. Benjolan ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis dan dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh, salah satunya di bagian leher. 

Berikut beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di leher :

Mengenai keluhan benjolan pada leher Anda yang didahului dengan riwayat penyakit campak sebelumnya, serta demam dan sensasi badan yang panas secara tiba-tiba, dapat mengindikasikan adanya pembengkakan kelenjar getah bening (KGB) yang tersebar di daerah leher dikarenakan adanya infeksi dari organisme dalam tubuh khususnya virus penyebab campak. Keadaan ini dikenal dengan limfadenopati atau limfadenitis. Pada dasarnya benjolan pada leher pada keadaan tersebut merupakan respon dari KGB dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Umumnya pembengkakan yang disebabkan oleh pembesaran KGB akan terasa kenya, berukuran relatif kecil serta dapat bergeser ketika disentuh. Serta biasanya akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan pemulihan kondisi infeksi. 

Namun, apabila benjolan ini berlangsung selama lebih dari beberapa minggu, atau terdapat gejala lainnya seperti nyeri pada benjolan, teraba keras dan sulit digerakan sebaiknya Anda mengonsultasikannya secara langsung ke dokter. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Limfadenopati adalah bengkak pada kelenjar getah bening yang bisa jadi pertanda kanker

Limfadenopati, Bengkak pada Limfa yang Mungkin Gejala Penyakit Serius

Limfadenopati adalah pembengkakan pada kelenjar getah bening. Kondisi ini sangat berbahaya jika tidak diobati karena bisa menyebabkan komplikasi yang parah.