Habis buang air kecil terkadang sakit perut

SA Info Penanya: SA, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya...Kenapa ketika saya habis buang air kecil terkadang saya sakit perut dan saat lama berbaring setelah duduk perut bagian bawah saya juga sakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Nyeri perut setelah buang air kecil dan sakit perut bawah dapat timbul akibat beberapa kondisi atau faktor pencetus seperti diantaranya:

  • Gangguan pada otot sekitar area panggul
  • Adanya permasalahan pada infeksi saluran kemih
  • Keputihan
  • Hernia
  • Gangguan pada saluran pencernaan
  • Gangguan pada saluran reproduksi

Selain itu gaya hidup seperti postur tubuh yang kurang baik saat melakukan aktivitas fisik, banyak mengangkat beban, terlalu lama duduk atau berdiri, sering menahan keinginan buang air, kurang asupan cairan, dan pencetus lain. Untuk itu upayakan agar minum lebih banyak air putih, melakukan aktivitas fisik, melakukan peregangan, hindari mengangkat berat, perbaiki postur tubuh dan periksakan diri jika keluhan masih sering timbul atau terasa lebih berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab nyeri otot paha umumnya dikarenakan kram otot atau keseleo yang tidak berbahaya, tetapi terkadang penyebab nyeri otot paha bisa dikarenakan suatu kondisi medis yang serius

Tidak Hanya Kram Otot, Ini Beragam Penyebab Nyeri Otot Paha Anda

Penyebab nyeri otot paha umumnya bukanlah masalah yang serius dan dapat ditangani di rumah atau hilang dengan sendirinya. Namun jika nyeri otot paha terjadi berkepanjangan, kondisi ini bisa menjadi indikasi adanya kondisi medis tertentu, seperti meralgia paresthetica, dan banyak lagi.