15 Dec 2020, 12:46Penyakit Lainnya

Apa itu habbatussauda dan manfaatnnya bagi kesehatan ?

AF
Info Penanya: AF0
Dok kalau habbatussauda yg tablet itu sebaiknya diminum berapa kali dalam sehari? Dan minum nya sebelum atau sesudah makan yaa?
17395 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo AF,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Menjaga kesehatan dan merawat kesehatan baik dengan menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, makanan yang baik untuk tubuh, ataupun mengkonsumsi vitamin-vitamin serta makanan lain yang berguna untuk menaikkan imun tubuh, dilakukan agar tubuh terhindar dari segala macam penyakit yang ada.

Apa itu habbatussauda dan manfaatnya bagi kesehatan ?

Habbatussauda adalah penyedap bumbu makanan dan pengawet alami sebuah masakkan yang berasal dari biji jintan htam/bunga Nigella sativa. Biji jintan hitam ini kaya akan nutrisi seperti protein, lemak tidak jenuh, kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, karbohidrat, dah bahkan antioksidan yang baik untuk tubuh. Habbatusaauda ini juga memiliki kandungan tymoquinone yang diklem dapat berfungsi sebagai diuretik (pelancar kencing), analgesik (pengurang rasa nyeri), antiperadangan, antikanker, dan antibakteri. Namun hal ini masih dilakukan penelitan pada sebagian kecil orang, untuk manfaat bagi seluruh orang, masih harus memerlukan penelitian yang lebih banyak dan mendalam lagi.

Cara mengkonsumsi habbatussauda untuk kesehatan

Cara mengkonsumsi habbatussauda untuk kesehatan dalam sediaan tablet untuk orang dewasa sekitar 1 sampai 3 butir perhari, diminum sesudah makan. Habbatusauda dapat ditaburkan sebagai bumbu makanan dalam jumlah yang sedikit, dan dapat pula dioleskan ke kulit. Namun jika saat mengoleskan habbatusauda ke kulit, menimbulkan efek samping kulit menjadi memerah dan gatal, maka hentikan pemakaian. Habbatusauda ini masih dalam katagori aman jika dikonsumsi dalam waktu yang singkat atau kurang dari 3 bulan. Pemakain jangka panjang masih belum diteliti keamanannya. Untuk itu, hindari konsumsi habbatusauda dalam jangka panjang, jangan konsumsi habbtaussauda saat kondisi sedang hamil atau menyusui, pilih habbatusauda yang sudah terdaftar dalam BPOM, imbangi kesehatan dengan selalu mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, terapkan pola hidup sehat sejak dari muda secara konsisten, dengan berolahraga ringan secara perlahan tiap hari atau 5x dalam seminggu, minum air putih yang cukup, selalu kontrol kesehatan minimal check up 1x dalam setahun agar penyakiy yang ada bisa dicegah dan dideteksi secara dini.Semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
vitaminkesehatan lansiapola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil