Kaki bengkak apakah efek dari minum herbal

YN Info Penanya: YN
ibu teman saya punya penyakit jantung , darah tinggi dan gejala persendian krna faktor usia. Kemudian mencoba konsumsi herbal yang mengandung habbat, propolis dan zaitun . Setelah minum mual2 dan kakinya bengkak . Apakah itu efek dari minum herbal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YN,

Kaki bengkak adalah gejala yang bisa terjadi akibat beberapa hal, bisa karena penumpukan cairan, pembengkakan karena peradangan sendi, cedera pada kaki, ataupun penyebab lain. Hal ini sering kali juga sebagai gejala kondisi penyakit lain seperti:

  • Penyakit jantung
  • Gangguan ginjal
  • Arthiritis
  • Berat badan berelebih
  • Kehamilan
  • Duduk dalam waktu lama seperti misalnya saat bepergian di kendaraan
  • Masalah sirkulasi darah seperti adanya gangguan pembuluh darah vena dalam atau sumbatan pembuluh darah 
  • Masalah aliran limfe

Apabila memiliki penyakit penyerta seperti penyakit jantung, darah tinggi ataupun masalah persendian. Ada baiknya memeriksakan diri secara berkala dan mengonsumsi obat rutin setiap harinya. Apabila tidak diatasi dengan baik atau mencoba pengobatan lain seperti herbal tanpa konsultasi terlebih dahulu, bisa menimbulkan sejumlah komplikasi ataupun bisa timbul efek samping dari mengonsumsi herbal tersebut.

Unutk gejala mual sendiri bisa merupakan masalah pencernaan, bukan tidak mungkin salah satu faktornya karena konsumsi herbal tersebut dalam jumlah yang kurang tepat ataupun terjadi interaksi dengan obat yang dikonsumsi. Untuk itu ada baiknya bisa dihentikan terlebih dahulu dan periksakan diri untuk penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa menciptakan kawasan tanpa asap rokok di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Ini Pentingnya Kawasan Tanpa Asap Rokok

Meski tidak dapat menurunkan angka perokok secara efektif, kawasan tanpa asap rokok dapat menjadi salah satu alternatif cara untuk menghindari ancaman kesehatan akibat rokok. Sejauh mana “kekuatan” kawasan ini?