14 Jun 2020, 09:10Gigi & Mulut

Gusi robek akibat tumbuhnya gigi bungsu

WD
Info Penanya: WD0
Salam,Gigi bungsu saya baru tumbuh dok, sebulan terakhir stlah saya mengetahui gigi bungsu saya mulai tumbuh tidak ada gejala apa apa dok, hanya nyeri akibat pertumbuhan gigi bungsu namun nyeri yang dirasakan tidak terlalu lama. Sebulan kemudian gusi saya robek dok, aibat dari pertumbuhan gigi tersebut. Gusi yang robek tersebut cukup mengganggu saya dok, awal awalnmemang terasa nyeri. Stlh nyeri hilang cukup mengganggu, apa yg dpt saya lakukan untuk menangani gusi robek tersebut dok? Terimakasi
19359 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam WD,Gigi bungsu atau gigi molar ketiga adalah gigi yang tumbuh saat kita berusia belasan tahun ataupun di usia 20an tahun. Gigi bungsu sendiri sering kali menimbulkan masalah saat tumbuh, mulai dari menimbulkan rasa nyeri yang hebat, menimbulkan robekan gusi, menimbulkan sariawan ataupun juga pertumbuhanya yang tidak baik atau disebut dengan impaksi gigi bungsu.Saat proses pertumbuhan, gigi bungsu dapat merobek gusi baik diarea rahang dan juga bisa menimbulkan robekan disekitar dinding mulut. Apabila tumbuh gigi bungsu dan terjadi masalah, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan apakah gigi bungsu tersebut dapat tumbuh dengan baik.Nantinya dapat dilakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik dan pemeriksaan foto rontgen gigi seperti foto panoramic gigi. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul seperti:
  • Berkumur dengan air garam atau dengan obat kumur
  • Kompres dengan es pada pipi yang mengalami nyeri
  • Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol
  • Menghindari makanan yang sulit dikonsumsi
Nantinya jika ada masalah pada pertumbuhan gigi bungsu, dokter gigi juga bisa melakukan pencabutan gigi bungsu ataupun operasi gigi bungsu agar nyeri bisa ditangani dengan tuntas. Apabila pertumbuhannya baik, jika ada masalah pada gusi dokter gigi juga bisa melakukan tindakan seperti membuat sayatan pada gusi untuk mempermudah pertumbuhan gigi bungsu. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
sakit gigigigi bungsuradang gusiimpaksi gigi bungsu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil