gusi ngilu, apakah itu dan bagaimana terapinya?

ZR Info Penanya: ZR, Pria, 26 Tahun
Tanya dok, obatnya gusi nyilu ap ya?,, jd gusi saya pada nyilu semua dok buat makan sakit, sempat ad nanahnya juga. miohon bantuannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

selamat pagi ZR,

Terima kasih atas pertanyaanya,

Gusi ngilu istilah medisnya adalah gingivitis, yakni peradangan pada gusi, hal ini terjadi diakibatkan sisa makanan atau kotoran mulut dibiarkan menumpuk atau tidak dibersihkan secara maksimal baik itu terdapat di gigi ataupun sela-sela gigi sehingga menjadikanya mengeras dan menjadi plak dan ditandai dengan adanya kemerahan pada gusi di sekitar akar gigi. Masalah ini harus segera ditangani jika tidak dikhawatirkan akan terjadi masalah baru yakni berkembang menjadi kerusakan pada gigi dan tulang disekitar gusi yang bermasalaha tersebut atau dikenal dengan istilah medisnya periodontitis.

Penyebab dari radang gusi disebabakan kotoran mulut atau sisa makanan yang tidak dibersihkan menumpuk dan bercampur dengan bakteri di mulut membentuk plak, dimana lama kelamaan plak tersebut membentuk karang gigi. Karang gigi mempunyai lapisan yang tebal sehingga digunakan bakteri untuk tinggal dan berkembang biak di dalamnya sehingga mengakibatkan bakteri leluasa mengikis gusi yang didalamnya terdapat banyak serabut saraf sehingga menghasilkan nyeri dan akhirnya menyebabkan radang gusi. Dokter gigi akan meresepkan antibiotik dan obat pereda nyeri untuk kasus ini namun Anda sebaiknya datang ke dokter gigi agar dilakukan penanganan yang lebih tepat dan komperhensif.

Untuk mengatasi masalah tersebut hendaknya melakukan hal sebagai berikut :

  1. Rajinlah menyikat gigi baik sebelum atau sesudah tidur
  2. Hendaknya menggunakan sikat gigi yang lembut dan lakukan pergantian sikat gigi setiap 3 bulan sekali untuk menghindari penumpukan bakteri di sikat gigi yg terlalu lama dipakai
  3. Setelah mengosok gigi gunaklanlah cairan antiseptik kumur agar mendapat hasil yang lebih optimal dan membunuh bakteri yang berada jauh di sela gigi.
  4. Hindarilah merokok karena asap rokok meningkatkan keasaman di rongga mulut dan menjadi tempat terbaik bakteri berkembang biak.
  5. Rajinlah datang kedokter gigi minimal 2-3 kali setahun untuk mengecek kesehatan rongga mulut dan gigi serta membersihkan gigi ataupun gusi secara optimal.

Demikian informasi yang bisa diberikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit gusi juga dialami penderita HIV/AIDS dan herpes simpleks tipe 1

4 Kondisi Ini Dapat Memicu Sakit Gusi

Sakit gusi adalah kondisi yang terjadi akibat gingivitis atau radang gusi. Salah satunya adalah impaksi makanan di mana makanan tersangkut di antara gigi atau pada gusi. Namun, penyakit HIV/AIDS dan herpes simpleks tipe 1 juga menyebabkan terjadinya sakit gusi.