Gusi berdarah

AN Info Penanya: AN, Wanita, 27 Tahun
Hai Dok, saya memiliki masalah dengan gusi bagian geraham belakang. Gusi saya bisa mengeluarkan darah sebanyak 2 sampai 4 kali dalam sehari. Namun, anehnya gusi saya tidak sakit atau pun bengkak dan tiba-tiba saja mengeluarkan darah dalam jumlah yang lumayan banyak. Apa penyebab dari berdarahnya gusi dan apakah hal tersebut berbahaya? Bagaimana pengobatan dan pencegahannya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu AN,

Penyebab gusi berdarah dapat diakibatkan karena adanya gigi yang berlubang sehingga menyebabkan peradangan pada syaraf dan pembuluh darah gigi, bila ada makanan yang masuk di dalam lubang gigi maka akan menimbulkan rasa sakit dan berdarah.

Bila tidak ada gigi yang berlubang, maka perdarahan bisa diakibatkan oleh :

  • Trauma pada gigi dan jaringan gusi seperti trauma akibat sikat gigi, menggigit makanan keras, tusuk gigi, makanan yang terselip dll.
  • Memiliki kebiasaan buruk mengerot-ngerot gigi (bruksism)
  • Adanya penyakit sistemik seperti Leukemia dan kelainan darah lainnya, defisiensi Vitamin C dan penyakit hati.
  • Adanya penumpukan plak atau karang gigi yangmenyebabkan iritasi pada gusi, untuk hal ini sebaiknya segera lakukan pemersihan karang gigi.

Sebaiknya Ibu segera mengunjungi Dokter Gigi atau Dokter Gigi  Spesialis Konservasi Gigi, (drg., SpKG) untuk berkonsultasi dan dicari penyebab yang pasti dari keluhan Ibu.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, kebutuhan nutrisi anak wajib dipenuhi.

Mengenal Lebih Jauh Berbagai Nutrisi Anak untuk Tumbuh Kembangnya

Kebutuhan anak terhadap nutrisi harus dipenuhi, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Umumnya, kebutuhan nutrisi anak meliputi berbagai vitamin (A, B, C, D), kalsium, zat besi, hingga zinc. Masing-masing nutrisi memiliki peran berbeda dalam menunjang tumbuh kembang anak.