27 May 2021, 06:48Gigi & Mulut

Gusi bengkak karena gigi bungsu bagaimana mengatasinya?

KU
Info Penanya: KU0
Selamat pagi dok, saya ingin bertanya terkait gigi geraham bungsu saya yang tumbuh namun ditutupi oleh gusi yang mengakibatkan setiap kali mengunyah makanan gusi selalu sakit. Dan sudah beberapa kali gusi mengalami pembengkakan. Mohon penjelasan dan cara mengobatinya dok, karena sudah ke rumah sakit tapi hanya diberi obat peredah rasa nyeri dan penurun bengkak. Terima kasih?
57 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo K,Sakit pada gusi dapat terjadi karena berbagai sebab, salah satunya adalah karena tumbuhnya gigi bungsu. Nyeri ini juga dapat disertai oleh bengkak karena gigi bungsu tumbuh ke arah yang tidak seharusnya yaitu dapat mendorong gigi lain didepannya sehingga timbul rasa tidak nyaman setiap kali anda sedang mengunyah.Untuk mengetahui bagaimana arah tumbuh gigi bungsu maka diperlukan tindakat foto panoramik, yang mirip dengan foto rontgent namun untuk gigi. Jika memang pertumbuhan gigi bungsi ini tidak kearah yang benar maka kelainannya disebut dengan impaksi, dan cara terbaik untuk mengatasi impaksi adalah dengan melakukan pencabutan gigi bungsu.

Obat untuk nyeri gigi bungsu

Obat nyeri seperti paracetamol maupun obat untuk meredakan bengkak hanya dapat untuk mengurangi keluhan sesaat namun tidak dapat benar-benar menyembuhkan selama penyebab dari keluhan belum diatasi. Dalam hal ini, diperlukan tindakan oleh dokter gigi karena nyeri akan terus terjadi selama gigi bungsu belum dicabut.Untuk sementara, lanjutkan penggunaan obat yang sudah diberikan, dan lakukan kompres dingin pada bagian yang bengkak untuk mengurangi keluhan, namun tetap lakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar keluhan dapat ditangani dengan lebih baik.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
sakit gigigigi bungsuimpaksi gigi bungsu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil