Gusi bengkak, nyeri dan terdapat benjolan bulat, bagaimana mengatasinya?

S Info Penanya: S, Pria, 36 Tahun
Dok bagaimana cara mengobati gusi bengkak dan di bawah gusinya tuh terlihat benjolan bulat setiap bengkak pasti seperti ada benjolan di bawahnya, apa obat yang tepat dok tuk obatinya? karena gigi saya memang mau copot cm baru terbelah 2 ,bagaimana solusinya agar tidak bengkak dan nyeri?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SG

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pada kasus Anda terdapat suatu kantung yang berbentuk nanah yang berkembang di dalam gusi. Sehingga makin lama gusi membengkak dan menonjol keluar. Dalam bahasa medis disebut abses periodontal. Bila tidak ditangani bisa menyebabkan komplikasi yang serius.

Ketika bakteri berkumpul dalam mulut, sampai menyebabkan infeksi pada ruang diantara gigi dan gusi. Faktor resikonya adalah kesehatan mulut yang kurang baik. Faktor lainnya juga daya tahan tubuh sedang rendah mungkin akibat keletihan, stres atau adanya penyakit kronis.

Abses akan menyebabkan nyeri, gusi kemerahan dan bengkak. Selain itu menjadi lebih sensitif terhadap makanan atau minuman panas/dingin, nyeri saat mengunyah, gigi goyang, keluar nanah dan demam.

Cara untuk menanganinya harus dengan Dokter Gigi. Nanah yang terkumpul perlu dikeluarkan serta jaringan sisa yang terdapat di kantung absesnya. Dengan cara perawatan akar gigi dan scaling. Nanah perlu dikeluarkan untuk mencegah komplikasi, komplikasi paling berat adalah penyebaran infeksi ke aliran darah menjadi sepsis atau sampai dengan ke jantung. Sebelum tindakan akan diberi obat untuk bius lokal. Jika gigi sudah tidak bisa dipertahankan maka gigi akan dicabut. Lebih jelasnya bisa dilihat di artikel mengenai penanganan gusi bengkak. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab benjolan di bibir ada beragam, salah satunya mucocele

Mucocele, Penyebab Benjolan di Bibir yang Jarang Diketahui

Benjolan di bibir bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, salah satunya mucocele. Kondisi ini terjadi akibat gangguan pada kelenjar air liur, yang menyebabkan cairan mengumpul di satu area, dan menimbulkan benjolan.