03 Jul 2020, 01:58Gigi & Mulut

Gusi bengkak di dalam gigi berlubang, bagaimana mengatasinya ?

SU
Info Penanya: SU0
Slmt malam dok,saya mau nanya... Gigi sebelah kanan bawah saya kan berlubang,tpi di dalem gigi yg berlubang itu ky tumbuh gusi tpi besar dok,jd gusi yg samping jga ikutan bengkak rasanya pegel dok,cara mengatasinya gmna ya dok?
18470 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, R.Gusi bengkak di dalam gigi berlubang umumnya terjadi karena polip pulpa. Polip pulpa sendiri merupakan peradangan yang timbul karena pertambahan sel pada pulpa yang terjadi terus menerus dan dalam jangka waktu lama. Pada dasarnya pulpa adalah istilah untuk saraf gigi. Pulpa berada pada lapisan gigi yang paling dalam bersama pembuluh darah dan sel-sel lainnya yang membentuk gigi.Pada keadaan gigi yang telah mati, dapat terjadi pertumbuhan jaringan yang menimbulkan benjolan yang menetap dan tidak dapat mengecil kembali kendati peradangan yang dialami sudah teratasi. Sedangkan peradangan muncul ketika gigi berlubang yang tidak terawat dalam waktu yang lama dimasuki oleh bakteri dan terjadilah infeksi.

Adapun tanda dan gejala polip pulpa yang meliputi :

  • timbulnya benjolan kecil dan lunak di dalam gigi
  • benjolan dapat berwarna merah muda, mearh ataupun putih buram
  • benjolan tidak nyeri namun mengakibatkan ketidaknyamanan saat mengunyah
  • mudah berdarah
  • muncul pada satu atau lebih gigi yang berlubang
  • lebih umum muncul pada gigi geraham yang berlubang
Mengenai cara mengatasi keluhan Anda, terlebih dahulu perlu dipastikan kondisinya oleh dokter Gigi. Umumnya dokter gigi akan memberikan obat pereda nyeri bila disertai gejala sakit, linu atau pegal seperti yang Anda rasakan. Lalu akan disarankan metode pengambilan polip pulpa dan dilanjutkan dengan rangkaian perawatan gigi lainnya seperti perawatan saluran akar dan penambalan gigi. Namun, apabila kerusakan sudah parah dan metode perawatan lainnya sudah tidak mungkin dilakukan maka akan disarankan untuk menjalani pencabutan gigi.Untuk keterangan dan pemeriksaan lebih lanjut, ada baiknya Anda menemui dokter Gigi secara langsung agar kondisi gigi Anda dapat segera tertangani.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. 
 
Salam sehat, 
 
dr. Rahmita Dewi
 
kesehatan gigipolip pulpagigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil