Gusi bengkak dan berdarah saat hamil karena apa?

MH Info Penanya: MH, Wanita, 23 Tahun
Dok umur saya 23 mau bertanya, saya lagi hamil 6 bulan... gusi saya bengkak asalnya kecil tapi sekrang tambah besar dan kalo kesentuh suka berdarah, mohon penjelasannya dok terima kasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MH,

Pembengkakan gusi dan gusi berdarah adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti peradangan gusi, gigi berlubang, karang gigi, gangguan hormonal seperti kehamilan, gangguan kesehatan tertentu seperti misalnya infeksi demam berdarah, dan lainnya.

Dalam kondisi hamil memang tidak jarang gusi menjadi lebih sensitif akibat adanya perubahan hormonal, untuk itu perlu dijaga dengan tidak menggosok gigi terlalu keras, gunakan pasta gigi yang lunak, perbanyak konsumsi buah dan sayur, berkumur dengan cairan antiseptik atau obat kumur, dan juga lakukan pemeriksaan pada dokter gigi apabila keluhan masih sering timbul.

Apabila perdarahan gusi disertai demam, perdarahan cukup banyak dan sering, maka perlu segera memeriksakan diri baik pada dokter dan juga dokter gigi. Upayakan mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C dan juga perhatikan kondisi kesehatan secara umum. Apabila ada gigi yang berlubang atau ada gusi yang tampak bengkak hindari mengorek agar tidak terjadi iritasi ataupun infeksi yang lebih berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain peningkatan estrogen, penyebab gairah meningkat saat hamil adalah meningkatnya relaxin dan oksitosin

Gairah Seks Tinggi saat Hamil, Wajarkah?

Pernahkah Anda mengalami peningkatkan gairah seks saat hamil? Peningkatan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti level estrogen yang meningkat, sehingga membuat libido tinggi saat hamil.