gusi bengkak dan bengkak bagian leher, apakah pembengkakan KGB?

WA Info Penanya: WA, Wanita, 25 Tahun
dok, saya punya masalah dengan gusi bengkak. sering kambuh sampai nyeri dan rasanya seperti pembengkakan di bagian leher sebelah kanan. Sangat sakit untuk menelan makanan dan mulut tidak bisa membuka lebar seperti keadaan normal saat makan. Apakah itu termasuk pembengkakan kelenjar getah bening ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WA

Terimakasih telah bertanya di SehatQ

Perlu diketahui pembengkakan pada gusi bisa diakibatkan oleh hal-hal berikut:

  • Adanya radang gusi yang disebabkan oleh penumpukan plak di gigi. Plak adalah zat lengket yang mengandung bakteri. Beberapa bakteri dalam plak tidak berbahaya untuk kesehatan gusi Anda, namun plak yang tidak dibersihkan secara sempurna dapat mengiritasi gusi Anda dan membuat gusi bengkak.
  • Munculnya sariawan yang dapat berkembang di mana saja, termasuk di gusi Anda. Orang yang memiliki penyakit autoimun tertentu mungkin juga memiliki masalah gusi yang disebabkan oleh sariawan.
  • Terlalu keras atau kuat saat menggosok gigi, merusak gusi yang terbuat dari jaringan halus tersebut. Sehingga membuat gusi bengkak.
  • Adanya kesalahan dalam membersihkan sela-sela gigi yang membuat gusi mengalami pembengkakan.
  • Selain itu, penyebab gusi bengkak lainnya adalah  kekurangan vitamin (terutama vitamin C).

Kemudian penjelasan tentang Kelenjar getah bening merupakan kelenjar seukuran kacang yang terdapat di seluruh tubuh, termasuk di area leher. Pada saat terjadi infeksi atau peradangan pada jaringan di sekitarnya, kelenjar getah bening ini dapat membengkak sebagai respon kekebalan tubuh. Bila Anda mengalami timbulnya benjolan pada leher memang kemungkinan kondisi ini dapat disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening akibat adanya infeksi atau peradangan pada gusi. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Bila infeksi telah teratasi umumnya kelenjar getah bening akan kembali mengecil dengan sendirinya.

Untuk mengatasi keluhan yang Anda alami saat ini tentunya terlebih dahulu harus dipastikan penyebabnya. Saran saya sebaiknya Anda mengunjungi dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menilai kondisi gigi dan gusi Anda. Dengan demikian dokter dapat menelusuri penyebab gusi bengkak yang timbul dan menentukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya.

Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan :

  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara teratur, terutama sesudah makan dan sebelum tidur
  • Bila nyeri gusi terasa mengganggu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol
  • Berkumur dengan obat kumur antibakteri atau air garam hangat
  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi

Semoga bermanfaat penjelasan dari saya.

Salam sehat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika cara menggosok gigi yang benar tidak dilakukan, maka mulut tidak akan bersih dengan sempurna

Mulut Bersih Maksimal dengan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Sudah rajin sikat gigi, tapi mulut masih bau, dan gigi tetap berlubang? Bisa saja, Anda belum mempraktikkan cara menggosok gigi yang benar. Arah gosok gigi yang salah, bahkan bisa membuat gigi Anda terasa sakit atau ngilu.