Gumpalan hitam saat haid, apakah kista?

CC Info Penanya: CC, Wanita, 25 Tahun
Hai dok, saya memiliki kista di rahim. Ada yang menyarankan minum ramuan herbal sehari dua kali, lalu saya ikuti anjurannya. Hasilnya, ada darah berwarna hitam yang keluar saat saya haid. Apakah itu kistanya, dok? Apakah ini berarti saya sudah sembuh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, B.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kista adalah kontong berisi cairan. Sedangkan kista pada rahim adalah kantong berisi cairan pada bagian dari alat reproduksi wanita yang disebut dengan ovarium, sehingga kista pada rahim disebut juga dengan kista ovarium. Kebanyakan kista berkembang sebagai hasil dari siklus menstruasi yang terganggu.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kista ovarium, antara lain :

Pada umumnya kista ovarium bersifat jinak dan dapat menghilang secara alami. Pada sebagian besar kasus penderita dapat memeriksa ulang keadaan kista secara berkala untuk mengobservasi ukuran kista melalui pemeriksaan USG sesuai anjuran dokter Kandungan. Pilihan terapi yang umumnya disarankan oleh dokter adalah kontrasepsi hormonal. Apabila kista sangat besar dokter mungkin menyarankan tindakan pengangkatan karena khawatir kantung kista pecah dan menimbulkan komplikasi.

Mengenai pertanyaan Anda mengenai gumpalan hitam pada saat haid, belum dapat dipastikan tanpa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Beberapa kondisi medis yang dapat menimbulkan gumpalan tersebut diantaranya adalah, perdarahan haid yang berlebih, miom atau polip rahim, endometriosis, adenomiosis, keguguran dan kanker serviks. Untuk memastikan hal tersebut ada baiknya Anda memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter Spesialis Kandungan.

Apabila terdapat gejala nyeri pada daerah perut atau pinggul, disertai demam atau muntah, segeralah mencari pertolongan medis. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.