Kenapa 1 bulan tidak haid kemudian haid kembali?

LF Info Penanya: LF, Wanita
Dok. Saya sudah menikah. Saya telat satu bulan dok. Tpi saya blum cek menggunakan tespeck.Bulan brikutnya saya seperti hanya mengeluarkan flek flek hitam kecil saja. Lalu beberapa hari kemudian kluar gumpalan gumpalan darah berwarna hitam besar dan ada satu gumpalan putih kemerahan dok dan dsertai darah yang bnyak. Dan rasanya sakit.Apakah itu haid biasa atau apa dok?apakah itu normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, LFD.

 

Siklus haid normal umumnya terjadi pada wanita setiap bulannya, haid yang tidak teratur menandakan ada suatu masalah yang terjadi, adapun penyebab dari haid tidak teratur bisa dikarenakan faktor stres, kelelahan, gangguan hormonal, PCOS, dan Endometriosis.

Pada kondisi normal siklus haid wanita 28 hari namun tak jarang siklus haid wanita mencapai 21-35 hari hal ini masih dapat dikategorikan normal. Untuk rentang haidnya sendiri paling lama 1 minggu.

Demikian beberapa jenis kelainan haid:

  • Menorrhagia, perdarahan haid bisa sangat banyak dan lebih dari 7 hari
  • Amenorrhea, ketika haid tidak datang lagi setidaknya 90 hari padahal Anda masih dalam usia reproduktif, terjadi pada wanita hamil dan menyusui serta menopause
  • Dysmenorrhea, keram perut ini memiliki 2 jenis penyebab, primer kram perut yang memang terjadi setiap menstruasi, sekunder yang disebabkan oleh penyakit contohnya endometriosis
  • Oligomenorrhea, haid yang tidak beraturan, normalnya haid akan dating di rentang waktu 21-35 hari namun pada kondisi ini haid akan datang diluar dari rentang tersebut padahal Anda tidak sedang hamil, menyusui ataupun pakai KB
  • Metrorrhagia, keluarnya darah seperti haid di luar siklus menstruasi

Terkait dengan keluhan yang Anda alami kondisi ini dapat merupakan salah satu kelainan diatas, namun untuk lebih memastikannya Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar dapat diperiksa secara fisik dan dilakukan usg perut.

Sebaiknya Anda tetap melakukan hal ini dirumah:

  • Perbanyak minum agar tidak terjadi dehidrasi akibat keluarnya darah berlebihan
  • Perbanyak makan sayur dan buah sebagai sumber vitamin
  • Hindari kondisi stres agar hormon Anda kembali stabil
  • Olahraga teratur.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ

Salam Sehat,

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.