gumpalan hitam melekat pada gusi karena apa?

SM Info Penanya: SM, Wanita, 15 Tahun
selamat siang dok saya ingin bertanya jika terdapat gumpalan hitam melekeat pada gusi itu disebabkan karena apa? apakah akan berdampak mengkhawatirkan? saya harap segera diberi penjelasannya terimakasih sekian..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SM,

Adanya benjolan pada gusi ataupun tampak kehitaman pada gusi bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti karang gigi, pembengkakan gusi, peradangan gusi, adanya abses atau kumpulan nanah dan lainnya.

Cara mengatasi karang gigi

Untuk mengatasi karang gigi, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi. Jika gumpalan hitam tersebut terasa keras, bisa lebih mengarah pada karang gigi. Untuk mengatasinya sendiri perlu dilakukan tindakan oleh dokter gigi seperti pembersihan karang gigi dengan scalling.

Karang gigi sendiri bisa berawal dari plak, dimana jika plak menumpuk akan menjadi karang gigi. Faktor yang bisa meningkatkan terbentuknya karang gigi diantaranya adalah:

  • Kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga seperti tidak rutin menyikat gigi
  • Sering mengonsumsi makanan yang lengket dan manis
  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang meninggalkan plak seperti minuman manis, kopi, teh
  • Kurang mengonsumsi makanan yang bernutrisi baik
  • Jarang atau tidak pernah memeriksakan diri pada dokter gigi secara berkala
  • Kebiasaan merokok

Karang gigi juga bisa memicu gigi berlubang, karang gigi, pembengkakan gusi, bau mulut dan juga masalah gusi lain. Jadi segera periksakan diri pada dokter gigi untuk dilakukan penanganan lebih lanjut ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Susah sendawa adalah kondisi medis yang menjengkelkan.

Susah Sendawa Dapat Disebabkan Hal Ini, Kenali Cara Sendawa yang Benar

Susah sendawa adalah kondisi yang menjengkelkan. Sebab, sendawa adalah proses mengeluarkan gas dalam perut, untuk menghilangkan perasaan kembung yang dirasakan. Jika susah sendawa terjadi, maka perut kembung akan sulit diobati.