Gula merah dapat menyehatkan atau justru berbahaya?

KK Info Penanya: KK
Malam dokter, sebenarnya banyak mengonsumsi gula merah dibandingkan gula putih itu justru menyehatkan atau berbahaya sih dok? Mohon infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam KK,

Gula merah adalah salah satu jenis pemanis yang diproduksi dari nira pohon kelapa ataupun dari getah pohon palem di batang bunganya. Saat ini gula merah atau gula aren cukup banyak digunakan terutama untuk olahan makanan dan juga minuman. Proses pembuatan gula merah sendiri boleh dibilang lebih rumit dari pembuatan gula pasir.

Gula merah seringkali dikatakan lebih baik daripada gula pasir, hal ini disebabkan oleh indeks glikemik gula merah yang lebih rendah dari gula pasir. Indeks glikemik untuk gula pasir sendiri berada di angka 70 sedangkan untuk gula merah di angka 55. Meskipun begitu tetap harus diperhatikan, bukan berarti indeks glikemiknya yang lebih rendah membuat bisa dikonsumsi tanpa batasan. 

Gula merah juga seringkali diolah dengan bahan pangan lain yang juga bisa mengandung karbohidrat seperti dijadikan kue, diminum bersama boba, ataupun juga olahan lain yang bisa membuat kalorinya semakin tinggi setiap kali dikonsumsi.

Jika mengonsumsi dengan jumlah banyak, gula merah juga bisa meningkatkan asupan kalori harian. Hal ini bisa membuat peningkatan berat badan dan juga risiko masalah kesehatan seperti:

Untuk itu meskipun lebih baik dibandingkan dengan gula pasir, tetap perlu diperhatikan dan dibatasi konsumsinya ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rhubarb adalah buah sayur dari Asia timur laut yang bertangkai kemerahan

Pernah Dengar Rhubarb? Kenali Nutrisi Buah Sayur Bertangkai Kemerahan Ini

Rhubarb adalah jenis buah sayur yang banyak ditemukan di Asia bagian timur laut. Walau kurang akrab bagi orang Indonesia, rhubarb mulai populer dan banyak dijual secara daring. Kandungan serat menjadi nutrisi penting dari rhubarb yang bahkan dilaporkan membantu mengendalikan kolesterol.