Gula merah atau gula putih yang cocok untuk diabetes?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, sebenarnya gula mana yang lebih baik untuk penderita diabetes? gula merah atau gula putih? Mohon infonya. Trims.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Diabetes mellitus, atau sering disebut dengan kencing manis, adalah penyakit ketika kadar gula darah terlalu tinggi melampaui normal. Penyakit ini disebabkan karena adanya resistensi insulin, yaitu sebuah hormon yang seharusnya berfungsi untuk mengatur pengolahan karbohidrat atau zat gula. Karena itulah, penderita diabetes disarankan untuk mengurangi konsumsi gula.

Terkait pertanyaan Anda, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa gula merah adalah gula yang berasal dari getah pohon aren, yang dipanaskan hingga kental dan volumenya tinggal sedikit. Gula merah melalui lebih sedikit proses jika dibandingkan dengan gula putih, karena itulah gula merah mengandung antioksidan dan zat gizi yang lebih tinggi.

Akan tetapi, gula jenis apapun sebaiknya dibatasi oleh penderita diabetes, dimana angka yang direkomendasikan adalah maksimal 50 gram (4 sendok makan). Angka ini juga termasuk gula yang tersembunyi dalam makanan olahan, seperti kue, biskuit, ataupun minuman manis.

Selain membatasi gula, penderita diabetes juga disarankan untuk:

  • Mengonsumsi buah dan sayur yang bervariasi, serta makanan sehat lainnya
  • Melakukan aktivitas fisik secara rutin 30 menit per hari
  • Menjaga berat badan agar selalu ideal
  • Menghindari rokok
  • Mengontrol gula darah secara teratur

Apabila ada keluhan terkait penyakit diabetes mellitus atau membutuhkan informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter spesialis penyakit dalam ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anemia merupakan salah satu penyebab badan lemas

Kenali Penyebab Badan Lemas yang Perlu Anda Waspadai

Penyebab badan lemas cukup beragam, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis. Gejala yang paling umum adalah kehilangan kesadaran dan mual.