Gula darah 249, apakah positif diabetes?

SF Info Penanya: SF
saya lelaki umur 41 tangan saya seperti kesemutan lalu tes darah dan hasilnya gula darah saya 249...apakah saya positif diabetes dok.... apa sudah termasuk bahaya kah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SF

Gula darah sewaktu diatas 140 sudah termasuk diabetes. Bila sudah 249 termasuk kategori risiko tinggi terhadap berbagai komplikasi diabetes. Diabetes terutama mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah karena tingginya kadar gula darah. Pembuluh darah ada di seluruh tubuh dan yang paling rentan adalah pembuluh darah di ginjal sehingga bisa mengakibatkan gagal ginjal dan memerlukan bantuan alat cuci darah. Komplikasi diabetes lainnya termasuk ke penyakit jantung koroner dan gangguan pembuluh darah otak atau yang dikenal sebagai stroke. 

Gangguan lainnya bisa mengakibatkan kerusakan saraf tepi sehingga seringkali penderita diabetes merasakan kesemutan sampai dengan baal. Gangguan penglihatan sampai dengan kehilangan kemampuan melihat. Serta bila terjadi luka pada tubuh menjadi lebih sulit untuk sembuh. Termasuk juga infeksi, karena gula darah yang tinggi mengakibatkan pertumbuhan bakteri yang lebih.

Bicarakan langsung dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama dengan keahlian metabolisme, endokrin dan diabetes. Kemungkinan akan diberikan insulin (hormon penurun gula darah) melalui suntikan agar gula darah lebih cepat terkontrol. Saya lampirkan artikel Cara Menurunkan Gula Darah Saja Tidak Cukup untuk Penderita Diabetes untuk informasi tambahan

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai jenis neuropatik diabetik yang harus diwaspadai, karena menyerang saraf dari kepala hingga kaki

Jenis-Jenis Neuropati Diabetik, Komplikasi Diabetes Melitus yang Menyerang Saraf

Diabetes melitus masih menjadi penyakit serius, yang menjadi perhatian dunia. Penyakit ini antara lain dapat menimbulkan neuropati diabetik pada saraf. Karena ada berbagai jenis saraf di tubuh, terdapat pula jenis-jenis neuropati diabetik, yang harus Anda waspadai.