02 Oct 2021, 17:39Kandungan

Keguguran tapi test pack masih positif, kenapa?

HS
Info Penanya: HS0
Selamat malam dok, saya keguguran saat usia kehamilan 45hari, setelah seminggu pasca keguguran saya coba tespack ternyata masih positif dan 5hari setelah keguguran saya masih merasa mual, apa karena hormon atau gimana ya dok? Mohon penjelasan dan bimbingannya dok, Terima kasih.
117 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, HTerima kasih atas pertanyaan AndaKeguguran adalah keadaan saat ibu hamil kehilangan janinnya pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Terjaidnya keguguran ini belum diketahui penyebabnya secara pasti, namun diduga adanya kondisi tertentu pada kehamilan, dan juga masalah plasenta bisa menjadi faktor risiko terjadinya keguguran pada ibu hamil.Alat test pack mendeteksi adanya hormon HCG pada urin ibu hamil. Hormon HCG ini bisa ditemukan pada urin ibu hamil sjeak 10 - 14 hari setelah terjadi proses pembuahan. Hormon HCG akan terus berada pada tubuh ibu hamil dan akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, puncaknya berkisar pada usia kehamilan 12 minggu. Kemudian homron HCG ini akan menetap dan perlahan menurun hingga bayi lahir.

Keguguran tetapi test pack positif

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, setelah keguguran. hormon-hormon tubuh masih memerlukan waktu terkait dengan kondisi yang tadinya hamil, menjadi tidak hamil. Sehingga, hormon HCG masih terdeteksi pada urin Anda meskipun Anda telah mengalami keguguran. Rata-rata, hormon HCG ini akan masih bertahan hingga 4 - 6 minggu paska keguguran. Namun, setiap wanita tentunya berbeda-beda.Untuk itu, lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan terdekat terkait dengan kondisi Anda. Apakah diperlukan tindakan kuretase ataukah tidak. Serta dilakukan pemeriksaan terkait dengan kesehatan organ reproduksi Anda. Untuk keluhan mual bisa terjadi karena beberapa penyebab selain pengaruh hormon kehamilan, bisa juga karena masalah pencernaan. Tetap konsumsi makanan bergizi, berusaha makan teratur, jaga kebersihan area kewanitaan dan terapkan gaya hidup sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
hamilkegugurantest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil