Kenapa usia kehamilan 14 minggu belum teraba?

FS Info Penanya: FS
Mlm doc. Nm sy ningsi umur 28 tahun usia kandungan sy skrng 14 minggu. Mau tnxa doc kenapa usia 14 minggu tpi belum teraba? Sa tkut doc.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, FS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Pada kehamilan 14 minggu bidan atau dokter akan menilai kondisi janin didalam rahim dengan cara menilai tinggi fundus uteri (TFU) yakni bagian tertinggi dari rahim. TFU umumnya teraba saat usia kehamilan 12 minggu. Pada usia kehamilan 14 minggu, normalnya TFU berada di antara 3 jari di atas tulang simfisis dan pertengahan antara tulang simfisis dengan pusar.

Tidak terabanya fundus uteri pada usia kehamilan 14 minggu sebagaimana yang Anda alami bisa di sebabkan oleh berbagai penyebab, diantaranya :

  • Kegemukan atau obesitas
  • Perkiraan usia kehamilan yang tidak tepat
  • Gaangguan perkembangan janin (keguguran, hamil ektopik, blighted ovum dan intrauterine growth restriction)
  • Tidak hamil, dll

Untuk memastikannya, perlu dilakukan konfrimasi dengan pemeriksaan penunjang seperti USG (Ultrasonografi) ke dokter spesialis kandungan. Dengan demikian, dapat menilai kondisi rahim dan kandungan Anda. Tetap lakukan pola hidup sehat, tidur yang cukup, konsumsi makanan gizi seimbang, kaya asam folat, zat besi dan kalsium, kelola stress dengan baik.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SH
20 Mar 2020, 08:07
Assalamualaikum dok .. langsung saja iya dok .. saya tespect sampai 2 kali dan hasilnya positif .. Setelah itu saya langsung konsultasi ke bidan dan kata bidan sudah teraba saya hamil baru 7 minggu .. setelah saya usia kehamil 10 kembali lagi ke bidan .. tapi kho gk keraba iya dok .. apa ini normal apa gimana dok ... mohon sharing iya dok . Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 Mar 2020, 10:07
SH, biasanya kehamilan akan teraba pada usia 12 minggu. Anda dapat kontrol lagi di usia kehamilan 12 minggu ya. Atau, jika ragu, periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG, supaya lebih jelas. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran

Kram Perut saat Hamil Muda: Penyebab, Ciri-ciri, dan Tips Mengatasinya

Kram perut adalah kondisi yang umum terjadi di awal masa kehamilan. Meski umumnya normal, kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran. Biasanya kram perut juga menjadi tanda adanya perubahan ukuran rahim, peningkatan progesteron, hingga peregangan ligamen.