27 Nov 2020, 11:18Kulit & Kelamin

Penyebab kantung zakar nyeri dan bengkak

YR
Info Penanya: YR0
Apakah gonore bisa menyebabkan buah zakar bengkak/sakit sebelah ? Apakakah ada obatnya selain operasi ?
300 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo YR,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Gonorea merupakan salah satu penyebab penyakit menular seksual yang ditularkan oleh bakteri Neisseria gonorrhea. Gejala yang dapat dialaami berupa kencing mengeluarkan nanah, terasa perih ,dan panas. Penyakit ini karena berhubungan seksual dengan banyak orang tanpa menggunakan pengaman seperti kondom. Pengobatan gonorea harus dari penilasian dokter dan menggunakan resep.

Penyebab kantung zakar nyeri dan bengkak

Selain gonnorhea penyebab kantung zakar nyeri dan bengkak, adalah :
  • Reaksi alergi
Reaksi alergi ini dapat berupa gatal, bengkak, dan merah pada kantung zakar karena kontak dengan sabun, bahan pakaian dalam, atau gesekan kantung zakar ke celana yang menyebabkan alergi. Hal ini dapat diatasi dengan menghindari pencetus yang ada.Varikokel terjadi akibat pelebaran pembuluh darah vena testis, dapat terjadi di satu atau 2 testis. Varikokel biasanyan tidak bergejala, namun saat kantung zakar dipegang, terasa seperti ada urat yang membesar di kantung zakar. Pada sebagian orang juga dapat menyebabkan nyeri. Penatalaksanaan pada varikokel tergantung beratnya varikokel dan biasanya dokter bedah akan melakukan operasi.
  • Hidrokel
Hidrokel terjadi saat kantung zakar membesar, teraba lunak, terasa nyeri dan berat akibat penumpukan cairan. Hidrokel umumnya terjadi pada bayi laki-laki namun juga dapat terjadi pada orang dewasa karena akibat benturan pada kantung zakar, penyakit kaki gajah, peradangan pada saluran menuju kantung zakar, pasca okperasi hernia. Penatalaksanaannya sesuai dengan penyebab hidrokel.Yang dapat Anda lakukan di rumah yaitu mencari tahu penyebab bengkak dan nyeri pada kantung zakar anda, dan mengatsi penyebabnya. Anda dapat mengkonsumsi obat nyeri parastemol sesuai dosis, setelah makan, jika terasa nyeri. Anda juga dapat mengompres hangat pada kantung zakar yang bengkak dan nyeri. Namun harus diperhatikan jika ada luka pada kantung zakar, maka kompres tidak dapat dilakukan. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr.Lidya Hapsari."
penyakit menular seksualgonorrheasifilis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil